Sukses

Hakim Tukang Selingkuh Segera Diseret ke Sidang Kode Etik

Hakim berinisial AS yang diduga berselingkuh dengan lebih dari 2 wanita tidak akan lama lagi nasibnya ditentukan.

Hakim berinisial AS yang diduga berselingkuh dengan lebih dari 2 wanita tidak akan lama lagi nasibnya ditentukan. Hakim di sebuah pengadilan negeri di Kalimantan Barat itu dalam waktu dekat ini akan disidangkan di Majelis Kehormatan Hakim (MKH).

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Komisi Yudisial (KY) Eman Suparman. "Permintaan (MKH) itu sudah kami terima dari MA untuk menunjuk majelis hakimnya yang dari KY. Saya pastikan permintaan dari MA sudah datang dan betul," kata Eman di Gedung KY, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2013).

Namun, Eman mengaku, belum mengetahui, kapan sidang MKH itu digelar. Namun, yang pasti, sidang itu sesegera mungkin dilakukan.

"Harinya belum ditentukan, karena saya baru akan menunjuk anggota majelisnya dari KY, lalu dikirimkan ke MA, baru akan ditentukan sidangnya kapan. Mudah-mudahan bulan ini, tapi tergantung MA," kata dia.

Eman sendiri belum mau membeberkan lebih detil terkait kasus yang menyandung Hakim AS. Tapi jelas, Hakim AS sudah diminta untuk melakukan pembelaan dalam sidang MKH.

"Kalau saya bicara konten berarti saya sudah bicara (substansi) dong, nanti saja yaa. Tapi dugaan-dugaan (selingkuh) anda benar adanya," ucap Eman.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Imam Anshori Saleh sudah mengungkapkan, adanya hakim di salah satu pengadilan di Kalimantan Barat yang diduga melakukan perselingkuhan dengan beberapa wanita. Dugaan itu mencuat setelah KY menerima lebih dari satu laporan terkait hal tersebut.

"Laporan yang kami terima bukan dari istri keduanya saja, tapi juga beberapa pasangan selingkuhnya," kata Imam di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat 25 Januari lalu.

Menurut Imam, dalam laporan yang diterimanya, sang hakim kerap 'kumpul kebo' dengan beberapa perempuan ketika istri keduanya sedang ke luar negeri. "Dia itu bercerai dengan istri pertamanya, lalu menikah lagi. Pada pernikahan kedua, ketika istrinya sedang ke luar negeri, hakim itu selingkuh dengan beberapa perempuan lain," ujar Imam.

Salah satu pasangan selingkuhnya adalah seorang perempuan penggugat cerai suaminya yang perkaranya ditangani sang hakim. Mengetahui si perempuan itu termasuk orang mapan dan kaya, hakim 'buaya darat' itu tertarik menjadi pasangannya.

Tak berhenti di situ. Hakim itu juga berselingkuh dengan seorang staf di pengadilan tempat ia bertugas. "Selain dua perempuan itu, ada dua perempuan lain yang jadi selingkuhannya yang tidak mau diketahui identitas dan jati dirinya," ungkap Imam. (Ary/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini