Sukses

Rincian Uang yang Diterima Ayu Azhari dari Fathanah

Ayu Azhari bertemu dengan Fathanah sebanyak 3 kali di tempat berbeda. Yakni di Plaza Indonesia, Pacific Place dan Pasar Festival.

Artis Ayu Azhari diketahui menerima Rp 20 juta dan US$ 1.800 dari Ahmad Fathanah, tersangka suap dan pencucian uang terkait impor daging sapi. Uang itu kini sudah dikembalikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Kuasa Hukum Ayu, Fahmi Bachmid, mengakui kliennya menerima uang itu dari Ahmad Fathanah. Menurutnya, uang itu adalah komitmen dari orang dekat Luthfi Hasan Ishaaq itu untuk melibatkan Ayu dalam kegiatan kampanye PKS.

"Ada komitmen, Fathanah mengklaim Ayu akan dilibatkan dalam kampanye pilkada yang tak tahu pilkada apa. Jadi itu bukan pemberian cuma-cuma," kata Fahmi saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (4/3/2013).

Menurut Fahmi kliennya bertemu dengan Fathanah sebanyak 3 kali di tempat berbeda. Yakni di Plaza Indonesia, Pacific Place dan Pasar Festival. Setiap pertemuan, Ayu selalu diberikan uang fee itu.

"Pertama sebesar US$ 800, kemudian US 1.000, dan ada Rp 10 juta. Pemberian ada yang transfer dan ada yang cash, yang Rp 10 juta itu transfer," jelasnya.

Selain itu Rp 10 juta juga diberikan Fathanah melalui rekening anak Ayu, Axel Gondokusumo. Fathanah berjanji akan mengorbitkan Axel di dunia hiburan. "Ayu kan juga sebagai manajer anaknya yang kebetulan bermain musik," ujarnya.

Fahmi menegaskan, dia sudah meminta kepada Ayu untuk mengembalikan seluruh uang yang pernah diterima dari Fathanah. "Senin besok, Ayu akan kembali datang ke KPK untuk memberikan rekening koran Bank Mandiri, biar KPK teliti seluruh penerimaan dan pengeluaran Ayu," ujarnya.

Dalam kasus ini, Fahmi menyatakan, kliennya adalah korban. "Ayu tidak tahu apa-apa soal politik. Dia kan orang entertainment, bukan orang politik. Ayu ini korban," ujarnya.

KPK sebelumnya menegaskan, uang yang diterima dari Ayu adalah untuk pembayaran jasa Ayu Azhari yang rencananya akan dijadikan juru kampanye PKS. "Tapi setelah ditunggu-tunggu gak jadi (manggung). Jadi akhirnya dikembalikan," jelas Juru Bicara KPK, Johan Budi SP.

Karena itu, Johan mengatakan alasan penyidik lembaganya meminta keterangan dari Ayu Azhari lantaran pemilik nama lengkap Siti Khadijah Azhari itu pernah menerima uang yang diduga berkaitan dengan suap impor daging sapi.

"Jadi intinya ada keterangan Ayu pernah dikasih uang oleh AF. Tapi waktunya kapan saya tidak tahu," imbuh Johan.

Ia menambahkan lembaganya tidak hanya berhenti pada Ayu Azhari sebagai pihak yang diduga pernah menerima uang dari Ahmad Fathanah. Pihak-pihak lain yang diduga menerima pemberian dari Ahmad Fathanah juga akan terus dikembangkan. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.