Sukses

Pesawat Cessna Tergelincir Lalu Terbalik di Ciamis, 2 Orang Luka

Pesawat latih Cessna 172 SP tergelincir kemudian terbalik ketika akan lepas landas di Bandara Nusa Wiru, Pangandaran, Kabupaten Ciamis

Pesawat latih Cessna 172 SP tergelincir kemudian terbalik ketika akan lepas landas di Bandara Nusa Wiru, Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. 2 orang terluka, yakni pilot dan siswa sekolah pilot.

"Pesawat yang tergelincir itu milik Bandung Pilot Academy yang sedang latihan," kata Komandan Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya, Letkol Pnb Indan Gilang Buldansyah yang meliputi pengamanan udara wilayah Tasikmalaya dan Ciamis, Jumat (3/5/2013).

Dijelaskan dia, pesawat tersebut terbalik saat sedang menggelar latihan, ketika pesawat akan lepas landas, tiba-tiba tergelincir dan terbalik. Namun penyebabnya belum diketahui karena penanganannya diserahkan kepada pihak Bandara Nusa Wiru dan Bandung Pilot Academy di Bandung.

"Wilayah udaranya memang Lanud Wiriadinata Tasikmalaya. Di sana itu, sering dipakai latihan. Tapi dengan kejadian ini, Bandara Nusa Wiru yang menanganinya," tutur Indan.

Pesawat latih dengan pilot, Rudi Herwin Cahyadi asal Bandung tergelincir kemudian terbalik ketika akan lepas landas di Bandara Nusa Wiru, Kecamatan Cijulang, pada Jumat sekitar pukul 08.00 WIB.

Peristiwa itu bermula ketika pilot sedang melakukan latihan terbang pada ketinggian 1.000 meter. Selanjutnya pilot mendaratkan pesawatnya. Namun saat kembali menerbangkan, pesawat tiba-tiba tergelincir dan terbalik keluar landasan.

Akibat peristiwa itu, pesawat milik sekolah pilot Bandung Pilot Academy mengalami kerusakan bagian depan dan belakang badan pesawat, serta bagian sayap. Sedangkan pilot dan seorang siswa sekolah pilot selamat, hanya mengalami luka ringan dan sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Kota Banjar untuk mendapatkan penanganan medis. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.