Sukses

Puluhan Anggota AJI Geruduk Mabes Polri

Puluhan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mendatangi Mabes Polri menyuarakan tuntutan agar kasus-kasus penganiayaan dan pembunuhan terhadap wartawan dapat diusut tuntas.

Puluhan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mendatangi Mabes Polri menyuarakan tuntutan agar kasus-kasus penganiayaan dan pembunuhan terhadap wartawan dapat diusut tuntas. Pantauan Liputan6.com, massa dari AJI melakukan aksi di depan Gedung Museum Polri. Massa datang sekitar pukul 14.30 WIB.

"Berdasarkan data AJI Indonesia sejak 1996, sedikitnya ada 9 kasus pembunuhan misterius dan kematian wartawan belum diusut tuntas oleh polisi. Bahkan para pelaku tidak pernah dibawa ke pengadilan atau dibawa ke pengadilan dengan tuntutan dan vonis yang sangat ringan," ujar salah seorang demonstran dalam orasinya di depan Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2013).

Menurut Ketua AJI Jakarta, Umar Idris, ada satu kasus yang paling menonjol, yaitu kasus pembunuhan Fuad Muhammad Syafruddin, alias Udin. "Hingga kini aparat Polda DI Yogyakarta gagal membawa pelakunya untuk diadili," kata Umar dalam keterangan persnya.

Udin merupakan seorang jurnalis investigasi yang bekerja di Harian Bernas. Pada 13 Agustus 1996 ia diserang dua orang tidak dikenal di rumahnya. Akibatnya, Udin meninggal pada 16 Agustus 1996.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini