Sukses

Mulyadi, Lurah Warakas Yang Juga Juragan Kontrakan

Warga sekitar juga mengenal Lurah Warakas, Mulyadi, sebagai juragan kontrakan. Dia juga dikenal kerap memberi bantuan untuk pembangunan fasilitas umum.

Tak ada yang berbeda dari kediaman rumah Lurah Warakas, Mulyadi, di Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Rumah Mulyadi sendiri mudah dikenali dengan cat biru di dindingnya yang terletak di Jalan Raya Semper, Plumpang No.68 RT 13/3, Rawa Badak Selatan. Di rumah tersebut juga diparkir sebuah mobil Toyota Kijang Innova.

Akan tetapi, di balik rumah yang hampir sama dengan rumah-rumah sekitarnya, Mulyadi merupakan juragan kontrakan di wilayah tersebut. Dia mempunyai 3 rumah kontrakan di lingkungan RT 13.

Harris (52), warga di sekitar kediaman Mulyadi mengatakan Sang Lurah mempunyai beberapa rumah yang secara khusus disewakan. Harganya pun bervariasi dari Rp 600 ribu per bulan hingga Rp 6,8 juta per tahun.

"Dia memang punya 3 rumah, persis di belakang rumahnya. Dan yang baru jadi yang di dalam gang, dua lantai," kata Harris, saat ditemui Kamis (2/5/2013).

Menurut Harris pula, sosok Mulyadi memang dikenal aktif memberikan kontribusi dalam bentuk materi pada beberapa pembangunan di lingkungannya. "Lumayan, dia punya kontribusi sama warga, seperti pembangunan jalan kecil yang dari ujung gang sampai belakang," pungkasnya.

Mulyadi menjadi perbincangan publik karena menentang kebijakan lelang lurah-camat yang digaungkan Jokowi-Ahok. Menurut Mulyadi, lelang jabatan itu sedianya dilakukan hanya untuk mengisi posisi yang kosong. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.