Sukses

Ruff Yoga, Relaksasi Bersama Hewan Piaraan

Sebagian besar gerakan Ruff yoga sama dengan berbagai pose yoga tradisional. Bedanya, gerakan ini dilakukan bersama binatang peliharaan dan kadang terkesan seperti tengah bermain.

Liputan6.com, New York: Ruff yoga benar-benar mendekatkan para pemilik hewan peliharaaan dengan yoga. Kini relaksasi tubuh itu bisa dilakukan bersama binatang peliharaan. Sejumlah orang bahkan berlatih yoga di Taman Madison Square, New York, Amerika Serikat, setiap pekan. Mereka juga mengikutsertakan binatang kesayangan.

Ruff yoga adalah jenis baru yoga yang bisa dilakukan tanpa meninggalkan satwa kesukaan. Sebagian besar gerakan Ruff yoga sama dengan berbagai pose yoga tradisional. Perbedaannya, gerakan ini dilakukan bersama binatang peliharaan dan kadang terkesan seperti tengah bermain.

Ada pula yoga bagi anjing yang disebut Doga atau dogs yoga. Karena banyaknya peminat, tersedia buku yang khusus menceritakan seluk beluk Doga. Di sejumlah toko buku di AS mudah ditemui buku berjudul &quotDoga, Yoga for Dogs&quot, &quotYoga for Pets&quot, dan &quotThe People Who Love Them&quot.

Para praktisi yoga percaya, beberapa gerakan tradisional yoga yang terkenal dibuat berdasarkan gerakan anjing. Mereka meyakini, mengikutsertakan anjing dalam yoga sangat berguna bagi hewan tersebut misalnya menjadi lebih santai dan sehat. Bagi pemilik anjing, kegiatan ini lebih dirasakan sebagai hiburan dan bermanfaat untuk kesehatannya.

Lima ribu tahun lampau, warga India menggunakan yoga untuk mendekatkan dirinya kepada Sang Pencipta. Tapi, belakangan, latihan ini berkembang untuk membangkitkan kesadaran dan kedamaian jiwa, meningkatkan konsentrasi, menenangkan tubuh, dan menciptakan hubungan yang baik dan harmonis dengan sesama serta untuk kesehatan [baca: Yoga, Latihan Konsentrasi Mengontrol Emosi]. Sebut saja, menyembuhkan penyakit saluran pernafasan atau asma, jantung atau gangguan pada pembuluh darah, otot, dan tulang.(COK/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini