Sukses

Yusril Tak Tahu Susno Muncul di YouTube

Ketua Majelis Syuro PBB, Yusril Izha Mahendra mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui bahwa salah satu bakal calon legislatifnya yang menjadi buron, Susno Duadji muncul ke publik melalui laman Youtube.com pada sore tadi.

Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Izha Mahendra mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui bahwa salah satu bakal calon legislatifnya yang menjadi buron, Susno Duadji muncul ke publik melalui laman Youtube.com pada sore tadi.

"Saya belum lihat video itu," ujar Yusril kepada Liputan6.com, di Jakarta, Senin (29/4/2013).

Yusril mengatakan bahwa dirinya baru tiba dari bepergian. "Saya baru turun dari pesawat, saya sama sekali tidak tahu tentang video itu," imbuh Yusril tanpa menjelaskan lebih lanjut tentang video tersebut.

Namun, Yusril tetap menyatakan bahwa keputusan eksekusi Susno yang dijatuhkan oleh Kejaksaan tidak berimbang. Menurutnya, keputusan eksekusi tersebut sangat berbeda dengan 2 kasus lainnya, yaitu kasus Tomi Soeharto yang juga menjadi buron. "Tapi tidak dieksekusi paksa, seperti pada kasus Susno," tanya Yusril.

Kemudian, pengacara itu pun mencontohkan salah satu kasus yang terjadi kesalahan penulisan warga negara, yang melibatkan warga negara India. "Salah tulis kewarganegaraan, kemudian diajukan PK (peninjauan kembali). Kenapa di kasus Susno tidak, ada apa ini," tegas Yusril.

Buronan korupsi Susno Duadji akhirnya muncul di muka umum. Namun, dia muncul tak dalam bentuk fisik. Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri itu menampakkan dirinya di sebuah video yang diunggah di situs Youtube.

Video ini pertama kali diunggah pada 29 April 2013 oleh Yohana Celia. Dalam video berdurasi 15 menit 34 detik itu, Susno berbicara panjang mengenai kasusnya, terutama alasannya menghilang dari publik. "Tidak benar saya menghilang, apalagi saya melarikan diri," kata Susno dalam tayangan di Youtube tersebut.

Menurut Susno, dia tidak lari dari tanggung jawabnya. "Saya tidak tampak di muka umum untuk menghindari eksekusi liar," kata Susno yang mengenakan batik biru lengan pendek.

Eksekusi liar yang dimaksud Susno adalah tindakan jaksa yang hendak menangkapnya saat sedang berada di rumahnya di kawasan Dago, Bandung, Jawa Barat. "Saya katakan eksekusi liar karena putusan hukum terhadap saya sudah batal demi hukum," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini