Sukses

Belajar Peristiwa Uje, Jokowi-Ahok: Hati-hati Bawa Motor

Ahok mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, setiap hari kecelakaan lalu lintas di jalan didominasi pengguna sepeda motor.

Polisi mengungkapkan penyebab meninggalnya Ustad Jefri Al Buchori disebabkan kecelakaan tunggal sepeda motor yang dikendarai olehnya. Motornya Uje menabrak sebuah pohon di kawasan Bunderan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Belajar dari peristiwa yang dialami oleh Uje, Gubernur DKI Jakarta Jokowi Widodo meminta kepada warga ibukota waspada. Khususnya ketika mengemudi kendaraan roda dua di malam hari.

Bila tidak, jarak pandang yang terbatas dan minimnya penerangan dapat menyebabkan kecelakaan. "Makanya hati-hatilah kalau bawa kendaraan, apa lagi kalau waktu malam hari," ujar Jokowi di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2013).

Sementara itu, Wakil Gubernur Basuki T Purnama juga mewanti-wanti agar peristiwa seperti yang dialami oleh Uje tidak lagi terjadi kepada pengendara sepeda motor lainnya. "Yang jelas berkendara dengan sepeda motor itu kan bahaya ya," kata Ahok.

Ahok mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, setiap hari kecelakaan lalu lintas di jalan didominasi pengguna sepeda motor.

"Kalau soal motor per hari di Jakarta rata-rata tiga orang meninggal karena kecelakaan sepeda motor, makanya harus hati-hati bawa motor, kalau tidak bisa bahaya," kata dia. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.