Sukses

Murid Naik Meja dan Saling Dorong, Jokowi Stop Acara Kuis

Usai memberi wejangan, Jokowi mengadakan kuis dengan hadiah yang menggiurkan, sebuah sepeda.

Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi baru selesai memberikan wejangan kepada para siswa SMP kelas IX dari beberapa sekolah di kawasan Cengkareng. Usai memberi wejangan, Jokowi mengadakan kuis dengan hadiah yang menggiurkan, sebuah sepeda.

Beberapa pertanyaanpun dilemparkan Jokowi kepada para siswa yang mampu menjawab. "Saya mau kasih hadiah. Yang bisa jawab, maju ke depan, dapat sepeda. Sebutkan nama-nama pohon di Jakarta," tanya Jokowi di SMPN 108 Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (25/4/2013).

Para siswa pun beramai-ramai mengacungkan jari untuk menjawab pertanyaaan Jokowi. Mantan Walikota Solo ini kemudian menunjuk beberapa orang siswa. Siswa beruntung ditunjuk Jokowi. "Pohon Jambu Klutuk, pohon terong, Jengkol, Petai, Jengkol...." kata siswa tadi yang disambut tawa hadirin.

Jokowi kemudian mempersilakan siswa beruntung itu untuk mengambil sepeda yang dimaksud. "Terimakasih Pak Jokowi," kata siswa SMPN 108 itu sambil menyalami Jokowi.

Jokowi pun kemudian melemparkan beberapa pertanyaan lagi. Para siswa yang juga berharap bisa mendapatkan sepeda pemberian Jokowi berbondong-bondong mendekat ke arah Jokowi.

Suasana mulai tidak kondusif. Terjadi saling dorong. Bahkan, Beberapa siswa ada yang nekat naik kursi dan meja untuk menarik perhatian Jokowi. Situasi mulai tidak tertib, Jokowi kemudian menghentikan sementara acara kuis berhadian sepeda itu.

Jokowi memilih kembali duduk di kursi yang telah disediakan. Para guru dan beberapa petugas keamanan pun berusaha menertibkan. "Anak-anak nggak usah maju, kasian Pak Jokowi. Ayo kembali ke tempatnya masing-masing. Biar nanti Pak Jokowi yang menunjuk siapa yang maju ke depan," kata seorang guru.

Aksi tak kondusif itu berlangsung beberapa kali. Sehingga para guru yang berjaga tampak kesal. "Ayo anak-anak mundur, jangan buat malu di depan Pak Jokowi," kata guru tadi. Setelah kondisi tertib, Jokowi kemudian melanjutkan kuis tersebut. Dan kembali melempar pertanyaan kepada para siswa. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.