Sukses

Jokowi Bicara Hati ke Hati dengan Korban Proyek Tol JORR W2N

Pembangunan Tol JORR W2N ini, jelas Jokowi, juga punya tujuan yang banyak dan mengurangi kemacetan di ruas jalanan pusat kota.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali mengadakan dialog dengan warga Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahaan, Jakarta Selatan, di Rumah Makan Putra Minang, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2013). Dialog itu terkait dengan pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2N.

"Saat ini saya ingin menyampaikan sejarahnya pembuatan jalan tol JORR W2N. Ini dimulai dari tahun 1992, tetapi karena krisis tahun 1997 proyek ini berhenti," jelas pria yang akrab disapa Jokowi ini.

Dia mengatakan, setelah terbengkalai sekian lama, proyek pembangunan jalan tol JORR W2N dimulai kembali pada 2008. "Sudah lama sekali. Baru tahun 2008 dimulai lagi. Sudah hampir 5 tahun. Sekarang sudah hampir selesai, dan ini berguna untuk kepentingan banyak," katanya.

Pembangunan Tol JORR W2N ini, jelas Jokowi, juga punya tujuan yang banyak dan mengurangi kemacetan di ruas jalanan pusat kota. Jadi sangat bermanfaat, terlebih yang akan menuju Sumatera.

"Tol JORR ini selesai, maka kendaraan seperti kontainer, truk, dan kendaraan pribadi yang ingin bepergian dari barat menuju timur ataupun sebaliknya. Misalnya ingin menuju Sumatera sudah tidak lewat kota lagi. Hal ini jelas akan mengurangi kemacetan lalu lintas dalam kota," ujar Jokowi.

terlebih, lanjutnya, pembangunan jalan Tol Jorr W2N ini untyuk kepentingan jutaan orang dan kepentingan Jakarta. Namun juga tidak akan meninggalkan warga yang terkena penggusuran.

"Dalam musyawarah ini kita bicara dari hati ke hati. Saya tidak ingin ada pihak yang merasa dirugikan. Karena untuk masalah ganti rugi sudah diatur. Namun masalah ganti rugi saya tidak ingin terlibat terlalu dalam," ungkapnya.

"Tetapi saya juga tidak mau adanya dari warga yang melalukan provokasi. Karena saya akan terus mengawasi ini. Ingat, pahala yang lebih banyak semoga dibalas oleh Tuhan," tutup Jokowi.

Pantauan liputan6.com, di depan Rumah Makan tersebut sudah terdapat dua Spanduk yang bertuliskan 'Pak Jokowi Yo Kite Musyawareh. Warga Petukangan Terkena Jalan Tol Jorr W2, Sudah Terkatung-katung 3 tahun Belum Tuntas'. Dan yang satunya bertuliskan 'Pak Joko W. Jangan Buat Wargamu Menderita/Miskin. Dengan Adanya Jalan Tol Jorr W2N Petukangan Selatan Berikan Kesejahteraan Lahir & Batin'. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.