Sukses

Jokowi: Pasar Meruya Dibangun, Pedagang Tak Dipungut Biaya

Nantinya pasar akan dibangun 1 lantai dengan pembagian wilayah yang jelas. Seperti zona basah, zona kering, zona baju, zona sayur, zone daging dan lain sebagainya.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan pembangunan pasar Meruya Ilir, Jakarta Barat, pada Juli atau Agustus tahun ini. Bangunan yang sudah ada sekarang akan dirobohkan dan dibangun total.

"Ini pembangunan total. Pembangunan total jadi semuanya mau dirobohkan. Dibangun total dan dengan catatan pedagang nggak dipungut biaya," ujar Jokowi di Pasar Meruya, Jakarta Barat, Selasa (23/4/2013).

Nantinya pasar akan dibangun 1 lantai dengan pembagian wilayah yang jelas. Seperti zona basah, zona kering, zona baju, zona sayur, zona daging dan lain sebagainya. Sehingga, diharapkan tercipta pasar yang bersih dan tertata.

"Yang penting dari pasar yang sekarang yang becek dan tidak jelas menjadi sebuah pasar yang bersih, tertata, zoning-nya jelas. Zoning basah, zoning kering, zoning untuk jualan baju, sayur daging semua zoning jelas dan manajemen diperbaiki," kata Jokowi menambahkan.

Pemda DKI rencananya akan merenovasi sebanyak 250 kios di Pasar Meruya dan akan mulai dibangun pada Juli atau Agustus 2013 mendatang. Para pedagang nantinya ditempatkan sementara di pasar darurat yang berjarak 100 meter dari Pasar Meruya.

Pembangunan diharapkan bisa selesai selama 5 bulan. Selain pasar Meruya, terdapat 23 lokasi pasar di Jakarta yang akan dibangun total. "Ada pasar darurat lagi yang lokasinya 100 meter dari sini. Nggak ada masalah. 5-6 bulan rampung lah. Pasarnya ada banyak. Nggak hapal saya, sekitar 23 lokasi," kata Jokowi. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini