Sukses

Jokowi: Saya Bertemu Warga Petukangan Untuk Bermusyawarah

Jokowi mengunjungi kawasan perumahan warga di RW 06, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, yang akan digusur.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi kawasan perumahan warga di RW 06, Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, yang akan digusur. Penggusuran disebabkan kawasan itu menjadi bagian dari pembangunan jalan Tol JORR W2 Ulujami-Kebon Jeruk.

Setibanya di sana pukul 09.20 WIB, Jokowi yang datang mengenakan pakaian adat Betawi langsung berdialog dengan warga. Ia langsung ke lokasi lahan dan rumah di 2 RT di RW 06 dan RW 01.

"Saya ini ketemu dengan warga sekarang ini mau bermusyawarah. Saya juga ngomongin pembangunan JORR W2 ini," ujar Jokowi di Jakarta, Jumat (19/4/2013).

Setelah melihat beberapa lahan, Jokowi berdialog dengan Ketua RT 02 Rohmani dan Ketua RW 06 Yahya untuk mengetahui apa pokok permasalahan dan keinginan warga saat ini. "Sebenarnya warga di sini mau harga berapa untuk lahan yang dibebaskan?" kata mantan Walikota Surakarta, Jawa Tengah itu.

"Kami belum bicara harga Pak, yang kami mau, Bapak dengan warga bermusyawarah dulu, baru nanti berlanjut ke pembicaraan tersebut," ucap dia.

Jokowi pun kemudian bersama dengan warga menuju ke posko siskamling yang selama ini dijadikan tempat warga yang terkena gusuran jalan tol JORR W2 untuk bermusyawarah. Warga memohon bantuan kepada Jokowi untuk memperjuangkan nasibnya selama ini.

"Kami di sini terus terang warga Petukangan sangat mengharapkan Pak Jokowi bisa mengajak kami untuk bermusyawarah secepatnya. Karena kalau angin hujan rumah ini sudah tidak kuat lagi lah," kata salah seorang warga.

Setelah mendengar keluhan warga, Jokowi pun mengundang warga untuk jamuan makan kepada warga pekan depan. "Nanti warga bicara dengan tetangga-tetangga yang kena jalur tol. ketemu lagi tanggal 24 hari Rabu. Nanti saya undang jamnya terserah boleh pagi boleh malam. Kita makan-makanlah nanti dimana, di rumah makan, kita acara makan-makan," imbuh Jokowi.

Warga pun tampak heran, dan bertanya mengenai musyawarah yang mereka minta dan pembicaraan mengenai harga lahan. "Lalu kalau makan-makan, harga lahannya bagaimana Pak, angkanya?" tutur warga.

"Angkanya nanti saja, makan-makan warga dulu. Ini rembukan dulu dengan perwakilan yang ada. Nanti Rabu ketemu sudah ada gambaran," kata Jokowi.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini