Sukses

Ingin Jadikan Jakarta Kota Layak Anak, Jokowi Siap Jadi Duta Anak

Jokowi sadar, untuk mewujudkan hal tersebut, membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku prihatin maraknya kekerasan seksual yang menimpa anak di bawah umur. Jokowi pun bertekad menjadikan Jakarta sebagai kota ramah dan layak bagi anak-anak.

"Realitas di lapangan masih sering dijumpai dan itu yang harus diperbaiki. Tugas kita memperbaiki. Dan kita mau Jakarta ini menjadi kota layak anak," kata Jokowi di Balaikota, DKI Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Jokowi pun mengaku siap jika nantinya didaulat menjadi duta anti kekerasan seksual terhadap anak. "Ya kalau disuruh apa-apa untuk kebaikan saya siap-siap saja," ujarnya.

Namun demikian, Jokowi sadar, untuk mewujudkan hal tersebut, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebab, dibutuhkan pembangunan berbagai fasilitas bagi anak, seperti lapangan bermain, ruang terbuka publik bagi anak.

"Itu kan memerlukan proses yang panjang. Ketika di Solo saya itu 8 tahun jadikan Solo layak anak. Itu saja belum bisa bener, karena banyak fasilitas yang harus dibuat. Ruang publik untuk anak ruang-ruang belajar, di kita belum," katanya.

Pada 21 April 2013, bertepatan dengan Hari Kartini, Jokowi akan didaulat menjadi Duta Anti Kekerasan Seksual Terhadap Anak oleh Komnas Perlindungan Anak yang diketuai oleh Arist Merdeka Sirait. Acara tersebut rencananya akan diadakan di Monumen Nasioanal. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini