Sukses

Gerah Aksi Premanisme, Ahok Akan Mendata Ormas di Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tak diam saja melihat banyaknya aksi premanisme yang mengatasnamakan ormas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tak diam saja melihat banyaknya aksi premanisme yang mengatasnamakan ormas di Ibukota. Lelaki yang akrab disapa Ahok itu akan melakukan pendataan ormas-ormas di Jakarta.

"Aksi premanisme atau preman yang bernapaskan ormas, dari Kapolda sudah minta ke kami dan Mendagri untuk diperhatikan betul mana ormas yang beneran dan mana yang berbaju ormas saja," kata Ahok di Balaikota, Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Selain itu, lanjut Ahok, pihaknya juga telah memerintahkan Dinas Sosial DKI Jakarta untuk membuat tempat penampungan bagi preman ataupun anak jalanan. Ini demi meminimalisir banyaknya aksi premanisme dan kejahatan di jalan raya. Manajemen pembinaan bagi anak jalanan atau preman yang terjaring pun akan diubah.

"Kami minta Dinas Sosial agar bisa menampung mereka. Kami juga mau membuat sistem rumah, termasuk orang-rang yang ada gangguan kejiwaan yang sebelumnya tidak bisa ditampung semua, nanti akan ditampung," ujar Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan, anak jalanan dan preman itu tak hanya berdiam di rumah singgah saja. Nantinya Dinas Sosial akan menyediakan rumah sewaan yang ada di sekitar penampungan.

"Jadi nanti kami minta dari Dinas Sosial untuk membeli atau menyewa rumah di sekitar sana. Jadi siang harinya mereka bisa diurusi, malamnya bisa kembali ke rumah. Tapi tentunya kami tetap koordinasi dengan Polda," pungkas Ahok. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.