Sukses

Jakcard Khusus Lansia, Ahok: Kita Kasih Nyaman dan Gratis

Pemprov DKI Jakarta berencana memberi layanan gratis untuk penumpang Transjakarta yang sudah lanjut usia (lansia).

Pemprov DKI Jakarta berencana memberi layanan gratis untuk penumpang Transjakarta yang sudah lanjut usia (lansia).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, saat ini pihaknya sedang menghitung jumlah penumpang lansia yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk dapat mengakses transportasi massal secara cuma-cuma, khususnya Transjakarta.

"Kami ingin membuat para lansia ini bisa tidur dan duduk enak saat menggunakan bus Transjakarta. Karena itu, kami mau buat naik bus Transjakarta gratis bagi mereka yang sudah lansia dan punya KTP DKI seumur hidup," jelas Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (15/4/2013).

Pemprov DKI, menurut Ahok, akan bekerja sama dengan Bank DKI untuk membuat Jakcard khusus lansia. Rencananya kartu tersebut akan memuat foto penumpang lansia agar tidak digunakan oleh sembarang orang. Sehingga, terang dia, para penumpang lansia dapat menikmati fasilitas terbaik.

"Kami mau bikin Jakcard yang ketika ditempel di mesinnya. Bisa langsung ketahuan kalau dia itu lansia yang mendapatkan pelayanan gratis. Agar tidak disalahgunakan, kita tempelkan fotonya di kartu miliknya. Jadi lansia yang selama ini tidak nyaman tidurnya di angkutan umum, kita kasih nyaman naik bus Transjakarta. Supaya umurnya lebih panjang," ujar Ahok. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.