Sukses

Ciptakan Sekolah Sehat, Ahok Resmikan Rain Water Harvesting

Ahok meresmikan Program Pembangunan Infrastruktur Rain Water Harvesting (RWH) di SMPN 120 Kamal Muara, Penjaringan, Jalan Kamal Muara Raya No. 9, Jakarta Utara.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meresmikan Program Pembangunan Infrastruktur Rain Water Harvesting (RWH) di SMPN 120 Kamal Muara, Penjaringan, Jalan Kamal Muara Raya No. 9, Jakarta Utara. Peresmian itu dilakukan sebagai upaya Pemprov DKI menyehatkan sekolah-sekolah.

"Sekolah itu musti dilengkapi dengan air. Kalau bicara sekolah sehat, tidak ada air bagaimana? Dan air di sini kan air tanah, air asin. Nah, salah satu solusi ya memang harus buat bak tampungan air," ujar Ahok di SMPN 120 Kamal Muara, Sabtu (13/4/2013).

Bak tersebut umumnya disebut Pemanenan Air Hujan atau Rain Water Harvesting (RWH). Terdapat 4 sekolah di Jakarta yang memiliki RWH, di antaranya, SMP 120 Kamal, SD 01 Pluit, SD Pejagalan, dan SD 01 Kamal Muara. Masing-masing sekolah mendapatkan 1 RWH, kecuali SMPN 120 yang mempunyai 2 RWH.

"Lumayan 1 bak bisa tampung 40 meter kubik air. Kalau yang kecil 28 meter kubik air. Kalau dari musim hujan disimpan kan lumayan," kata Ahok.

Ahok pun melanjutkan mengelilingi lingkungan sekolah dari SMPN 120 ke SD 01 Kamal Muara untuk mengecek penggunaan RWH, didampingi oleh Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Masyarakat Mara Oloan Siregar, Kadis Pendidikan DKI Taufik Yudi Muliyanto, serta pihak Barito Pacific. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.