Sukses

Kompolnas Minta Polri Evaluasi Kapolda Jatim

Kompolnas meminta Polri agar Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko segera dievaluasi.

Kompolnas meminta Polri agar Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko segera dievaluasi. Hal ini lantaran Irjen Pol Hadiatmoko dinilai tidak menuntaskan masalah serius dalam tubuh Polda Jatim.

Sesuai dangan Pasal 3 Perpres 17/2011 tentang Fungsi Kompolnas untuk melakukan pemantauan, penilaian dan pengawasan terhadap kinerja dan intregritas anggota dan pejabat Polri. Karenanya, setelah melakukan pendalaman atas situasi Polda Jatim, maka Kompolnas meminta Kapolri untuk mengevaluasi jabatan Kapolda Jatim.

"Dalam keadaan seperti sekarang ini, di mana Polri mendapatkan banyak kecaman dari masyarakat, seharusnya pejabat utama Polri membuka diri untuk menerima masukan, mau berinteraksi dan siap dikritisi," ungkap anggota Kompolnas M Nasser dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Dijelaskan dia, Kompolnas juga mendapat banyak pertanyaan dari anggota DPR tentang banyaknya makelar kasus yang seolah-olah dibiarkan di Polda Jatim.

"Keprihatinan terakhir tanggal 3 April lalu, Kapolda Jatim mengabaikan undangan Kompolnas untuk menghadirkan penyidik Polri pada klarifikasi kasus menonjol yang terjadi di Jatim. Padahal pada saat yang sama, 3 kapolda lain mengirimkan penyidiknya. Hal ini dapat dimaknai pula sebagai penyerobotan terhadap kewenangan Kompolnas. Kita ingin pejabat Polri peka terhadap sorotan masyatakat," tutup Nasser. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.