Sukses

Polri: Ciri-ciri Penyerang Lapas Sleman Pakai Sepatu PDL

Polisi sudah mengantongi sejumlah ciri pelaku penyerangan bersenjata api itu. Sebanyak 45 saksi sudah diperiksa.

Polisi sudah memeriksa puluhan saksi untuk mengusut penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Dari keterangan para saksi, polisi sudah mengantongi sejumlah ciri pelaku penyerangan bersenjata api itu.

"Ciri-ciri secara umum menggunakan skebo penutup wajah, rompi warna hitam, sepatu kets, sepatu panjang PDL, celana jins warna biru dan hitam," kata Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pujiastuti di Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/3/2013).

Sepatu PDL (Pakaian Dinas Lapangan) merupakan atribut yang kerap digunakan oleh kalangan militer. Meski demikian, Anny mengatakan belum ada indikasi keterkaitan militer dalam aksi penembakan 4 tersangka kasus pembunuhan anggota Kopassus itu.

"Belum mengarah ke sana (militer), kami masih pendalaman. Yang jelas sepatu PDL, hitam panjang," ujar Anny.

Sejauh ini, tambah Anny, pengusutan yang dipimpin oleh Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Sutarman ini telah memeriksa 45 orang. Sebanyak 32 saksi merupakan para napi, sementara 12 lainnya merupakan petugas Lapas Cebongan.

Anny menambahkan, penjagaan di Lapas Cebongan telah diperketat dengan bantuan dari Polres Sleman setelah pemindahan 11 tahanan dari Polda. "Penjagaan kami back up dari polres Sleman dengan pengamanan tertutup," ujar Anny. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.