Sukses

Menhut Minta Jokowi-Ahok Kaji Ulang 17 Pulau Buatan

Zulkifli khawatir sampah-sampah Teluk Jakarta akan merambah ke pulau-pulau di sekitarnya dan berakibat fatal terhadap lingkungan.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan meminta Pemerintah Provinsi DKI mengkaji lagi pembuatan 17 pulau buatan melalui reklamasi pantai, untuk mengatasi pencemaran Teluk Jakarta. Zulkifli khawatir sampah-sampah Teluk Jakarta akan merambah ke pulau-pulau di sekitarnya dan berakibat fatal terhadap lingkungan.

"Rencana pantai itu kan akan ada pulau-pulau. Itu saya minta dikaji betul agar tidak berdampak nanti sampahnya itu," kata Zulkifli di Gedung Kementrian Kehutanan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2013).

Menurut Zulkifli, ada beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Bila itu tidak diatur dengan baik dikhawatirkan nanti sampah Jakarta akan mengganggu Kepulauan Seribu. "Nanti sampa melanda pulau-pulau yang masuk Pulau Seribu kan?" ujar mantan Sekjen PAN ini.

Zulkifli mengambil contoh populasi burung dan satwa di Pulau Rambut. Sampah bisa saja memasuki kawasan pulau itu dan berpotensi mengganggu kelangsungan kawanan burung dan merusak habitatnya.

"Pulau Rambut itu habitat burung. Nanti kalau sampah masuk ke sana, itu lama-lama pulau dan sebagainya itu untuk satwa burung itu bisa berbahaya," kata Zulkifli.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengaku perlu dicari cara agar sampah-sampah dari reklamasi pantai tidak mencemari pulau lainnya. Sehingga, para stakeholder baik dari Pemrov DKI maupun Kementrian harus memiliki 'action plan'.

"Soal pulau juga kan jangan sampai nanti kalau tidak diatur dengan baik. Sampah kan nutup. Kalau ketutup, pulau gimana?" ujar Ahok. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.