Sukses

90 Perusahaan Hengkang Dari Jakarta, Jokowi: Jangan Dipaksa-paksa

Sebanyak 90 perusahaan akan hengkang dari Jakarta menuju Jateng dan Jatim dipicu tingginya UMP menjadi Rp 2,2 juta per orang.

Sebanyak 90 perusahaan akan hengkang dari Jakarta. Mereka akan pindah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur karena dipicu tingginya Upah Minimum Provinsi (UMP) menjadi Rp 2,2 juta per orang.

Jokowi menganggap hal itu sebagai sesuatu yang wajar. Ia pun mempersilakan 90 perusahaan itu hengkang dari Jakarta. "Jangan kita maksa-maksa. Kalau bisa di sini saja, tapi kalau mereka tetap bersikeras mau gimana," kata mantan Walikota Surakarta, Jawa Tengah itu di Balaikota Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Hal itu dianggap wajar, jelas Jokowi, karena beragam pertimbangan. "Yang namanya usaha pasti melihat yang untung gimana.  Kalau mereka investasi di China dan tidak untung, lalu lihat di Indonesia itu menguntungkan, maka mereka akan berbondong ke Indonesia. Itu namanya dunia usaha," ujar Jokowi.

Jokowi juga telah memberikan kesempatan kepada perusahaan yang masih merasa keberatan terhadap kenaikan UMP, untuk mengajukan penangguhan. Ia memberi lampu hijau bagi perusahaan untuk mengajukan penangguhan tersebut.

"Itu beberapa sudah ada, lupa saya. Mungkin sudah ada 80-an perusahaan. Artinya memang perusahaan berbasis padat karya memang kita berikan," ucap Jokowi.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini