Sukses

VIDEO: Gelimang Harta Fantastis Djoko, Sang Jenderal Bintang 2

Dengan gaji Rp 15-18 juta per bulan, harta Djoko Susilo tersanka korupsi simulator SIM yang disita KPK bernilai fantastis, ratusan miliar rupiah.

Harta Irjen Pol (Purn) Djoko Susilo, tersangka kasus korupsi Simulator SIM diperkirakan lebih dari Rp 100 miliar. Jumlah kekayaan yang sangat fantastis bagi jendral polisi berbintang dua.

KPK meneruskan penyidikan dengan dugaan pencucian uang. Banyak harta Djoko yang menggunakan nama ke 3 istrinya. Inilah barometer pekan ini gelimang harta sang jendral.

"Esprit d corps" terlihat dari korps kepolisian setelah Irjen Djoko Susilo diperiksa di Gedung KPK. Beberapa perwira polisi ingin menangkap Novel Basweden, penyidik KPK yang dihalang-halangi ratusan massa Gerakan Save KPK.

Beberapa pekan terakhir, sang jendral yang mengenakan baju tahanan KPK dikuak satu persatu harta kekayaannya. Seperti rumah mewah di kawasan elit Prapanca Raya yang sudah lama tidak dihuni pemiliknya. Termasuk, rumah di kawasan bisnis Jalan Cikajang.

Ada lagi rumah mewah di kompleks perumahan elit Depok yang kemungkinan hanya dibeli saja oleh Irjen Djoko tetapi belum pernah ditempati.

Sedikitnya ada 20 rumah dan properti lain di Jakarta, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Bali. Diperkirakan nilai harta Djoko yang sudah disita sekitar Rp 100 miliar.

"Kalau ditanya pakah harta yang bersangkutan yang disita ratusan miliar, mungkin saja. Karena saat ini harta yang sudah kita sita lebih dari Rp 100 miliar," ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi.

Ratusan miliar rupiah harta sang jendral ini tentu saja sangat berbeda jauh dengan jumlah harta yang pernah dilaporkan Djoko kepada negara. Pada lembar  harta kekayaan pejabat negara tahun 2010, Djoko hanya melaporkan harta yang dimilikinya hanya senilai Rp 5,6 miliar.

"Dengan gaji sekitar Rp 15-18 juta per bulan sangat fantastis (harta Djoko). Kalau gaji dibandingkan dengan harta yang disita, mungkin saja banyak kecurangan yang dilakukan yang bersangkutan," kata anggota Kompolnas Adrianus Meliala.

Gelimang harta yang fantastis untuk seorang jendral polisi menjadi dasar KPK untuk terus mengembangkan penyelidikan dugaan kasus korupsi Djoko Susilo. Belakangan juga diketahui, Jenderal berbintang itu mempunyai 3 istri. Melalui nama ketiga istri dan anak-anaknya, Djoko menyembunyikan hartanya.

Itulah tantangan bagi KPK untuk bisa mengungkapkan asal harta fantastis sang jendral.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini