Sukses

Dukung Rusunawa Buruh, Jokowi Sediakan Lahan di Jakarta Timur

Jokowi menyatakan akan menyediakan lahan lainnya untuk pembangunan Rusunawa di Rawa Bebek, Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo setuju dengan langkah Kementerian Perumahan Rakyat yang akan membangun 48 Rumah Susun Sewa (Rusunawa) bagi buruh di 5 provinsi di Pulau Jawa termasuk DKI Jakarta. Pria yang akrab disapa Jokowi ini pun menyatakan akan menyediakan lahan lainnya untuk pembangunan Rusunawa di Rawa Bebek, Jakarta Timur.

"17 hektar itu dibangun di daerah Rawabebek. Ada 14 blok akan dibangun di sana, dari Menpera akan memberi 6 blok, kalau ditambah jadi 8 blok lebih baik, tapi kalau enggak ditambah akan kami bangun sendiri," kata Jokowi usai melakukan Rapat Koordinasi Regional II Perumahan dan Kawasan Permukiman di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Jumat (15/3/2013) .


Menurut Jokowi, Rusunawa yang khusus didirikan bagi kaum buruh dan pekerja itu sangat diperlukan mengingat kebutuhan hidup di Jakarta yang tergolong cukup tinggi bila dibanding dengan daerah lainnya.


"Ini sangat manfaat sekali, kita dukung penuh rencana yang akan di lakukan oleh Kemenpera. Di Jakarta kita memang butuh banyak sekali rusun-rusun seperti ini," ujarnya.

"Ini penting untuk buruh, karena apa, di sini transportasi mahal, rata-rata dari rumah ke tempat kerja itu bisa sampai Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu. Belum sewa kontrakan, itu bisa sampai Rp 450 ribu. Itu biayanya tak sedikit, makanya kita dukung," rincinya.


Ia pun mengatakan, saat ini pihaknya akan melakukan pembangunan Rusunawa bagi para buruh yang bekerja di PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung dan Marunda.


"Yang letaknya dekat industri di KBN itu akan dimulai. Tidak hanya bangun, kami juga siap memberikan meubeler di Rusun yang akan dibangun," imbuhnya. 


Jokowi menuturkan, dari 48 Rusunawa yang akan dibangun di 5 provinsi, 11 Rusunawa akan dibangun di DKI Jakarta. "11 atau 12 di bangun di sini (Jakarta)," tandasnya.


Untuk mewujudkan proyek Kemenpera itu, pemerintah memang tengah mengajak seluruh gubernur provinsi di seluruh Indonesia untuk turut serta menyukseskannya. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini