Sukses

'SBY Takut' Menggema di Pembukaan Kongres HMI

Peserta kongres menilai SBY takut, sehingga tidak hadir dalam kongres yang digelar di Hotel Borobudur Jakarta itu.

Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) diwarnai dengan hujatan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Peserta kongres menilai SBY takut, sehingga tidak hadir dalam kongres yang digelar di Hotel Borobudur Jakarta itu.

Aksi menghujat itu dimulai saat pembawa acara dalam kongres menyebutkan bahwa SBY akan memberikan kata sambutan. "Mari kita dengarkan sambutan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata pembawa acara dalam kongres, Jumat (15/3/2013).

Mendengar pernyataan itu, peserta kongres langsung riuh. Mereka terkejut, karena semula dipastikan SBY batal hadir. Lantas, pembawa acara yang semula terdiam sesaat itu melanjutkan, "Yang akan diwakili oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh."

Mendengar itu, peserta kongres langsung berteriak-teriak menghujat SBY. "Huu... SBY takut," teriak peserta kongres bersahut-sahutan.

Di akhir sambutan, M Nuh mengatakan dirinya diutus oleh SBY untuk menghadiri kongres HMI. Nuh diminta menyampaikan pesan SBY untuk HMI.

"Beliau minta saya menyampaikan salam hormat kepada keluarga besar HMI. Pak SBY minta HMI tetap solid dan mengkritisi Beliau," tutur Nuh.

Mendengar penjelasan Nuh, peserta kongres HMI tidak menjadi diam. Peserta yang duduk di deretan tengah semakin keras berteriak. Hujatan untuk SBY terus menggema.

Aksi ini memantik reaksi dari sesepuh HMI Jusuf Kalla dan Akbar Tandjung. Kedua tokoh yang berdiri di kursi paling depan ini langsung berdiri. Bahkan, Akbar Tandjung mengacungkan jarinya ke bibir, pertanda meminta peserta kongres untuk segera diam. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.