Sukses

So Sweet! Jokowi Dibuatkan Lagu 'Blusukan' Oleh Follower-nya

Salah seorang sopir media televisi swasta Muhammad Sofiyan mengabadikan pengalaman blusukannya mengikuti Jokowi.

Selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo rutin melakukan keliling kampung atau biasa disebut sebagai Blusukan. Selama Blusukan, Jokowi selalu diikuti oleh banyak awak media. Tak jarang wartawan yang meliput harus 'adu kuat' dengan warga yang selalu mengerumuni Jokowi disetiap blusukannya.

Salah seorang sopir media televisi swasta Muhammad Sofiyan mengabadikan pengalaman blusukannya mengikuti Jokowi melalui sebuah lagu bergenre Hip hop. Lagu ini juga dipersembahkan untuk mantan Walikota Solo ini yang telah berdedikasi kepada warga DKI lewat blusukannya.

Dalam lagu tersebut, Sofiyan yang telah bekerja menjadi driver sejak setahun lagu tersebut terinspirasi dari pengalamannya dan juga beberapa wartawan selama mengikuti Jokowi Blusukan.

"Karena aku sering ikut blusukan, ada salah satu reporter bilang, gimana kalau dibuat lagu blusukan. Biar jadi soundtrack wartawan yang liput Blusukan," ujar Sofiyan ketika berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (13/3/2013).

Sofiyan pun mengaku membuat lagu tersebut karena hobinya mendengar musik jenis hiphop sejak masih sekolah di tingkat SMP.

"Suka ikut nyanyi rap, iseng- iseng saja, sering denger. Akhirnya coba buat lagu ini," katanya.

Dalam meliput kegiatan Blusukan Jokowi, wartawan dituntut untuk bergerak cepat mengikuti pergerakan Jokowi kemana pun. Berlari, adu cepat, dan merekam apa yang dikatakan oleh Jokowi.

Terkadang para pemburu berita ini pun lengah, tak jarang dompet ataupun barang berharga milik wartawan raib. Pengalaman para wartawan  itu ia jadikan sebagai salah satu lirik dalam lagu hiphop blusukan yang ia buat.

"Banyak teman wartawan yang kecopetan, bahkan ada yang sampai muntah-muntah di dalam mobil karena ngikutin Pak Jokowi. Itu jadi salah satu ide saya buat lagu ini," ujar penggemar pemusik Hiphop Eminem tersebut.

Walau hanya sebagai seorang sopir yang mengantar wartawan kemana pun Jokowi Blusukan, pria yang sebelumnya bekerja sebagai montir di bengkel motor ini mengagumi sosok Jokowi.

"Blusukan itu menjadikan Jokowi tahu permasalahan di masyarakat. Ia jadi tahu langsung bukan dari anak buahnya. Lagu ini saya persembahkan untuk Pak Jokowi dan para wartawan yang selalu ikut Blusukan," imbuh Sofiyan. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.