Sukses

Misteri UFO di Phoenix Belum Terpecahkan Selama 16 Tahun

Penampakan aneh terlihat di langit Phoenix 1 Mei 1997 lalu. Sebuah formasi cahaya membentuk huruf "V".

Ada banyak penjelasan tentang fenomena penampakan benda aneh diduga UFO, di antaranya: pesawat, drone alias pesawat tak berawak, uji coba misil, latihan militer, atraksi terjun payung, atau bahkan sekedar lentera China.

Namun, apa sebenarnya yang terjadi 1 Mei 1997 lalu di Phoenix, Amerika Serikat belum mendapat jawaban pasti dan logis.

Kala itu, 16 tahun lalu, sekelompok cahaya aneh terlihat di Valley. Disaksikan oleh banyak orang. "Kebanyakan menyaksikan formasi cahaya dalam formasi "V" meluncur di atas atap rumah mereka," kata Dr. Lynne Kitei, ahli yang mempelajari fenomena itu selama bertahun-tahun, seperti dimuat situs CBS 5 Phoenix, Rabu (13/3/2013).

"Sejumlah orang mengaku melihat pesawat, lainnya mengklaim bulatan cahaya saling memisahkan diri." Banyak juga yang menganggapnya UFO yang terkait mahluk ekstraterresterial.

Kitei mengaku terkejut, hingga saat ini belum ditemukan jawaban pasti atas apa yang terjadi di atas langit Phoenix itu.

"Ini mengejutkan bagi saya, 16 tahun setelah penampakan UFO massal dalam sejarah modern, yang terjadi di Arizona, namun belum mendapat jawaban."

Kitei mengatakan, sekitar sebulan setelah penampakan itu muncul teori bahwa fenomena yang dikenal dengan  "Phoenix Lights" -- "cahaya Phoenix" itu diyakini sebagai latihan militer.

Namun, baik pejabat pangkalan udara Luke dan dokumen yang ditemukan belakangan, yang bertanggal 1 Mei 1997, menepis dugaan keterkaitan militer dengan fenomena itu.

"Aku telah mencari penjelasan yang masuk akal selama 16 tahun terakhir," kata Kitei. Hasilnya, "aku masih tak tahu apa sebenarnya benda itu. Ini waktunya bagi kita untuk membuka kembali topik tersebut. Menerima secara terbuka, mempelajari, dan lalu menguaknya," tambah dia.

Fenomena Serupa di Cincinnati

Fenomena serupa terjadi Jumat 28 September 2012 malam. Ratusan warga Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat menjadi saksi penampakan benda terbang aneh diduga UFO di atas langit gelap.

Bentuknya, tiga bulatan mirip lampu, berwarna oranye kekuningan, membentuk berbagai formasi, berjajar, lalu membentuk pola segitiga.

Selama berhari-hari kemudian, fenomena misterius itu masih mempesona para pemburu UFO di Ohio. Mereka menyebutnya sebagai "Cincinnati Lights".

Peristiwa itu menjadi menarik karena mirip penampakan tahun 1997 lalu di Phoenix, “Phoenix Lights” dan "El Paso Lights".

Namun, seperti dimuat Huffington Post, dugaan bahwa lampu-lampu itu berasal dari luar angkasa sama sekali tak terbukti.

Jawabannya datang dari pengunggah video "Cincinnati Lights" yang menyebut dirinya "Galuyasdi". Ia mengatakan, apa yang dikira sebagai UFO adalah aksi para penerjun (skydiver) yang melakukan lompatan  pyrotechnic di sebuah pesta yang diselenggarakan La Salle High School.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.