Sukses

Ngeri! Pengalaman Danny Diteror Horor Rumah Berhantu Amityville

Kisah horor keluarga Lutz dikisahkan dalam buku laris juga diangkat dalam film layar lebar tahun 1970-an. Kini kembali diangkat dalam film dokumenter.

Tahun 1977 lalu, sebuah buku berjudul "The Amityville Horror: A True Story", karya Jay Anson yang dua tahun kemudian diangkat ke layar lebar, menggegerkan dunia. Kengerian dan horor dalam cerita itu belum hilang dari ingatan publik hingga saat ini.

Kisah nyata itu diawali di musim dingin tahun 1975. Kala itu George dan Kathy Lutz beserta tiga anak dari perkawinan Kathy sebelumnya -- Daniel, Christopher, dan  Missy pindah ke rumah bergaya Belanda yang beralamat di 12 Ocean Avenue di kawasan pedesaan Amityville, di Long Island.

Mereka tak lama tinggal di sana, hanya 28 hari, tapi selama itu seluruh anggota keluarga dihantui peristiwa aneh dan mengerikan. Kehidupan mereka dicekam horor. Hingga suatu hari, mereka memutuskan untuk lari dari rumah itu meninggalkan segala harta benda mereka.

Tiga tahun sebelum mereka pindah, di rumah itu, seorang pemuda 23 tahun  Ronald 'Butch' DeFeo menembak mati orang tua dan empat saudaranya saat mereka terlelap.

DeFeo lantas dinyatakan bersalah atas enam tuduhan pembunuhan tingkat dua, dan hingga kini masih dipenjara di Green Haven Correctional Facility, Beekman.

Pengalaman Horor

Sang ibu, Kathy mengaku tiba-tiba tubuhnya terangkat. Ia juga pernah melihat sosok bermata merah menyala dan kerap mimpi buruk soal kejadian pembunuhan

Sementara George dikisahkan terbangun oleh suara aneh pukul 3.13 dini hari -- waktu di mana pembunuhan terjadi. Sementara adik bungsu Danny, Missy punya teman imajinasi aneh.

Keluarga itu mengatakan banyak hal yang terjadi di sana, gema kejadian pembunuhan, udara dingin yang aneh, dan benda-benda yang bergerak sendiri.

Seorang pendeta yang mengunjungi rumah mengatakan ia mendengar suara yang memberinya perintah, "Keluar!"

Mereka bahkan akhirnya yakin, DeFeo bisa saja kerasukan setan jahat yang menguasai rumah itu, sehingga tega menghabisi keluarganya sendiri.

Meski membikin merinding mereka yang membaca bukunya maupun yang menonton film, banyak yang tidak percaya kisah keluarga ini. Banyak artikel dibuat untuk menepis klaim mereka. Sejumlah ahli yakin pengalaman mereka bisa jadi memori palsu.

Kini puluhan tahun berlalu, Daniel Lutz alias Danny -- yang kini berusia 47 tahun kembali muncul dalam film dokumenter tentang kisah keluarganya, "My Amityville Horror".

Ini kali pertamannya Luz buka suara soal pengalaman masa kanak-kanaknya itu. Sopir UPS itu menegaskan, kisah keluarganya adalah nyata. Ia juga mengaku hingga saat ini masih kerap bermimpi buruk.

Danny juga menceritakan hubunganya yang buruk dengan ayah tirinya -- yang kemudian bercerai dengan ibunya dan lari dari rumah di awal masa remajanya.

Kembali ke "Rumah"

Dalam pembuatan film dokumenter itu, Danny Lutz kembali ke rumah masa kecilnya, yang kini ditinggali keluarga lain. Ia tak berani masuk.

Pembuat film dokumenter Eric Walter mengatakan film ini lebih banyak tentang bagaimana rasanya menjadi bocah dalam kisah horor Amityville, ketimbang  menceritakan kembali cerita mengerikan keluarga Lutzs.

"Dia sudah membawa beban berat ini selama hampir 40 tahun," kata Walter kepada Wall Street Journal, seperti dimuat kembali Daily Mail (9/3/2013). "Ini tidak mudah untuk dibicarakan."

Dokumenter ini adalah tentang kisah orang-orang yang dihantui dan dampaknya pada mereka yang mengalami. "Apa yang telah terjadi selama hampir 40 tahun ini -- menjadi kisah keluarga yang cukup tragis," tambah dia.

Sementara, saudara-saudara Danny tidak ingin tampil di film dokumenter tersebut.

Christopher sedang menulis sebuah buku, sementara Missy sama sekali tidak pernah berbicara tentang masa lalu mereka di Amityville. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.