Sukses

Tarif Feeder Transjakarta Ramawangun-Bubulak Rp 12 Ribu

Tiap penumpang yang menggunakan jasa APTB Buslane jurusan Terminal Rawamangun-Bubulak, jauh atau dekat akan dikenakan tarif sebesar Rp 12 ribu.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya meresmikan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB) Buslane jurusan Terminal Rawamangun (Jakarta) - Bubulak (Bogor). Tiap penumpang yang menggunakan jasa buslane, jauh-dekat akan dikenakan tarif sebesar Rp 12 ribu.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, APTB  rute Rawamangun-Bogor memiliki jarak tempuh sekitar 52 kilometer yang terintegrasi dengan Busway Koridor IV (Pulogadung–Dukuh Atas) dan Koridor IX (Pinangranti–Pluit).

"Operatornya adalah PT Sinar Jaya Megah Langgeng di mana pada tahap awal ini menjalankan armada bus sebanyak 10 unit," ujar Pristono di Terminal Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2013).

Menurut Pristono, peluncuran angkutan bus terintegrasi ini ditujukan untuk melayani warga Bogor yang selama ini cukup sulit menjangkau Transjakarta. "Dengan ini warga Bogor yang beraktivitas di Jakarta akan lebih mudah dan dapat menjadikan APTB ini sebagai alternatif selain kereta api," jelas Pristono.

Untuk spesifikasinya, armada bus APTB ini dapat mengangkut 85 penumpang, yakni 35 penumpang duduk dan 50 berdiri. "Dilengkapi high deck atau lantai tinggi dan posisi tempat duduk berhadapan," ucap Pristono.

Tarif yang akan dikenakan pun tergolong tidak terlalu mahal. Udar mengatakan, per orang akan dikenakan tarif sebesar Rp 12 ribu. "Dengan membayar tarif sebesar itu, penumpang yang transit dan akan naik bus transjakarta tidak perlu lagi membayar lagi, jadi hanya sekali bayar," imbuh Pristono.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.