Sukses

Terkuak, Penampakan Mengerikan Sinkhole Maut di Florida

Rumah yang dibongkar menyingkap bentuk sinkhole yang menelan Jeff Bush. Jasadnya akan berada di lubang itu untuk selamanya.

Sepanjang Senin, petugas membongkar sebuah rumah di Seffner, Florida. Merobohkan dindingnya. Di sanalah  Jeff Bush (37) pernah bertempat tinggal, sebelum ia akhirnya 'ditelan' lubang runtuhan (sinkhole) yang mendadak muncul di kamar tidurnya.

Sebelumnya, lubang itu tak terlihat dari luar rumah. Pembongkaran rumah satu lantai itu menguak bentuknya yang mengerikan. Para ahli memperkirakan kedalaman lubang itu sedikitnya mencapai 6 meter.

Kakak korban, sekaligus juru bicara keluarga, Jeremy Bush awalnya berharap jasad adiknya bisa ditemukan. Namun, ia menyadari, itu tak mungkin dilakukan. Terlalu berbahaya.

"Itu adalah lubang di mana aku mencoba menyelamatkan adikku," kata Jeremy kepada Bay News 9, seperti dilansir Los Angeles Times, Selasa (5/3/2013). "Aku sudah berusaha keras. Aku ingin dia tahu betapa aku sangat menyayanginya."

Jeremy berharap lokasi lubang tersebut nantinya dipagari atau diberi nisan, agar orang tuanya bisa sering-sering mengunjungi "makam" putranya.

Sesaat setelah kejadian, Jeremy sempat terjun ke dalam lubang yang menelan adiknya, hingga terjebak di dalamnya, sampai akhirnya deputi sheriff  menariknya keluar.

Media lokal menyebut, keluarga korban menempatkan sejumlah benda kenangan di dalam ember yang ditempatkan dalam lubang -- boneka teddy bear, catatan, dan bunga, sebelum petugas mulai mengisi lubang itu dengan kerikil dan tanah untuk menyetabilkan area tersebut.

Muncul Sinkhole Baru

Sinkhole lain juga muncul beberapa kilometer dari lokasi rumah keluarga Bush. Dalamnya sekitar 3 meter. Tak ada kerusakan bangunan maupun korban yang dilaporkan, namun lubang runtuhan itu membuat warga sekitarnya khawatir-- tanah mereka 'hidup' dan bisa ambles sewaktu-waktu tanpa peringatan.

Sinkhole rentan terjadi di Florida. Akibat batuan dasar di bawah tanahnya yang berongga dan rentan. Demikian disampaikan Departemen Perlindungan Lingkungan setempat.

Saat air hujan menyusup ke dalam tanah, ia akan melarutkan batuan dan memicu erosi -- yang bisa berujung pada runtuhnya gua-gua di bawah tanah. Saat gua-gua itu runtuh, maka terciptalah lubang di permukaan tanah.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini