Sukses

Jokowi Ziarah ke Makam Mantan Gubernur Sumut

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri berziarah ke makam Gubernur Sumatera Utara Tengku Rizal Nurdin.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri berziarah ke makam Gubernur Sumatera Utara Tengku Rizal Nurdin saat tiba di Medan, Sabtu 2 Maret 2013.

Makam Gubernur Sumut periode 1998-2003 dan 2003-2005 itu terletak di Kompleks Raya Medan. Sebelum berziarah, Jokowi melaksanakan salat maghrib di masjid tersebut.

"Saya pernah bertemu dengan Rizal Nurdin, beberapa saat sebelum dia meninggal dunia, meski tidak terlalu kenal dekat," ujar Jokowi di Medan.

Jokowi mengakui kedatangannya berkampanye di Medan untuk memberikan dukungan moral bagi pasangan Effendi MS Simbolon-Djumiran Abdi. Menurutnya, pasangan Effendi-Djumiran layak didukung karena memiliki kualitas kepemimpinan, merakyat, dan jujur.

Jokowi dijadwalkan akan berkampanye bagi calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Effendi-Djumiran dengan nomor urut 2 itu di Lapangan Merdeka Medan bersama Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), pada Minggu 3 Maret.
   
Jokowi mengajukan izin kepada Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi terkait menjadi jurkam pasangan Pilgub Jabar Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki. Namun Jokowi mengajukan dengan waktu yang dekat. "Yang waktu Rieke ajukannya mepet, jadi Kemendagri enggak punya cukup waktu untuk merespons," ujarnya. (Ant/Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.