Sukses

VIDEO: Siswa SDN 308 di Sulsel Belajar di Kolong Rumah Warga

Kondisi SDN 308 di Sulsel yang rusak akibat dihantam angin puting beliung membuat siswa belajar di kolong rumah warga.

Kondisi sekolah yang rusak akibat dihantam angin puting beliung tidak menyurutkan niat siswa untuk belajar, meski dengan menumpang di kolong rumah warga. Tapi kalau tumpangannya bersebelahan dengan kandang ayam dan kambing sebagaimana dialami siswa SD di Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Sudah 3 hari 2 kolong rumah milik warga di Bungaya, Kecamayan Kajang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, berfungsi sebagai ruang kelas. Kolong rumah ini menjadi pengganti ruang belajar seratusan siswa SD Negeri 308 Bungaya, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Sebab gedung sekolah mereka porak poranda diterjang angin puting beliung, Kamis (21/2/2013). Para siswa dan guru tentu bersyukur, karena ada yang memberi tumpangan sehingga proses belajar mengajar tetap berjalan.

Mereka pun rela belajar bergantian karena terbatasnya ruang yang dipinjamkan. Termasuk berdampingan dengan kambing dan ayam karena pemilik rumah memelihara hewan ternak dan lokasinya bersebelahan dengan kolong yang dipinjamkan.

Suasana belajar tidak hanya bersempit-sempit dan suara riuh karena tidak ada dinding pembatas. Saat proses belajar berlangsung, suara kambing dan ayam-ayam yang berkeliaran pun tak terhindarkan. Belum lagi pengaruh bau kandang ternak. Beberapa siswa mengaku terganggu namun mereka tidak punya pilihan.

Pihak kepala sekolah sudah melaporkan tentang kondisi sekolah mereka ke pihak terkait, namun belum ada tindakan. Semangat guru dan siswa agar proses belajar tetap berlangsung patut dihargai. Namun membiarkan mereka belajar berdampingan dengan hewan ternak, tentu patut disayangkan. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini