Sukses

Ahok Target Bangun Jalan Inspeksi di Seluruh Sungai DKI

Salah satunya dengan membangun jalan inspeksi di sisi kiri dan kanan sungai.

Pemerintah provinsi DKI mulai melakukan refungsionalisasi sungai-sungai di Jakarta. Salah satunya dengan membangun jalan inspeksi di sisi kiri dan kanan sungai.

"Kita membahas mengenai pembenahan refungsionalisasi kali- kali di Jakarta termasuk bagaiamana konsepnya," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Manggas Rudi Siahaan di Balaikota DKI Jakarta, Rabu, 20/2/2013.

Pembahasan itu dilakukan antara Manggas dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama atau Ahok. Refungsionalisasi kali yang dimaksud dengan melakukan pembangunan jalan inspeksi di kiri atau kanan kali, yang saat ini sedang di lakukan di kali Pakin, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Bagaimana di Kali Pakin itu kami lakukan refungsionalisasi dari GSK (Garis Sepadan Kali), agar di kiri-kanan ada jalan inspeksi," ujar Manggas.

Bila selesai dibangun, jalan inspeksi itu akan bermamanfaat untuk jalan alternatif yang dapat mengurai kemacetan. Selain itu, jalan inspeksi nantinya juga dapat sebagai jalur evakuasi bila dalam keadaan darurat.

"Kiri dan kanan jalan inspeksi ini bisa jadi jalur darurat untuk pemadam kebakaran, ambulans, dan pengangkatan maintenance sungai," kata dia.

Bila ternyata di sisi kiri dan kanan sungai itu terdapat bangunan, pemda DKI akan melihat terlebih dahulu data bangunan yang ada di pinggiu kali yang akan di bangun jalan tersebut. "Nanti semua dilihat, kan ada LRK (Lembar Rencana Kota) nya. Kemudian lihat gimana IMB mereka. Bila ada pelanggaran-pelangaran nanti kami urus," kata dia.

Pembangunan jalan inspeksi nantinya tidak akan hanya dibangun di Kali Pakin. Targetnya seluruh kali di Jakarta yang dapat dilalui oleh kendaraan akan dibangun jalan inspeksi. "Ya nanti kita dorong kepada kawan- kawan Sudin untuk pilih lokasinya masing- masing, mana yang akan dilakukan dulu," ujar Manggas. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.