Sukses

Anggaran Hambalang Bengkak, Menkeu: Itu Ulah Menpora dan DPR

Anggaran proyek Hambalang yang awalnya senilai Rp 125 miliar menjadi Rp 2,5 triliun dibahas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Komisi X DPR RI.

Lebih dari 8 jam, Menteri Keuangan Agus Martowardojo diperiksa KPK. Usai diperiksa Agus mengungkapkan, nilai anggaran proyek pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat yang awalnya senilai Rp 125 miliar menjadi Rp 2,5 triliun dibahas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Komisi X DPR RI.

Agus juga menjelaskan, Kemenpora dan Komisi X pula yang melakukan pertemuan hingga 9 kali sepanjang 2010 untuk membahas perubahan anggaran menjadi Rp 2,5 triliun itu.

"Nah, upaya meningkatkan Rp 125 miliar menjadi Rp 2,5 triliun itu adalah inisiatif yang ada di Kemenpora. Sepanjang 2010, Kemenpora berdiskusi dengan Komisi X DPR. Kenapa proyek itu dinaikan nilainya menjadi Rp 2,5 triliun, itu semua dilakukan oleh Kemenpora bersama dengan Komisi X," ujar Agus Martowardojo di gedung KPK, Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Pada saat pembahasan anggaran tersebut kata Agus, Kementeriannya belum dilibatkan. "Kondisi diskusi itu belum ada melibatkan Menkeu," kata dia. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.