Sukses

Selain Mentan Suswono, KPK Periksa Eks Ketum Asosiasi Benih

Elda yang sudah beberapa kali dipanggil KPK ini akan bersaksi untuk tersangka mantan Presiden PKS Luthfi Hasan shaaq.

Selain menjadwalkan melakukan pemeriksaan terhadap Menteri Pertanian Suswono, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (18/2/2013), juga akan memeriksa saksi lain terkait kasus dugaan suap kuota impor daging sapi. Salah satunya adalah Mantan Ketua Umum Asosiasi Benih Indonesia (Asbenindo) Elda Devianne Adiningrat.

Elda yang sudah beberapa kali dipanggil KPK ini akan bersaksi untuk tersangka mantan Presiden PKS Luthfi Hasan shaaq. Selain itu, Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elisabeth Liman serta dari pihak swasta lainnya yaitu Jerry Roger juga dijadwalkan diperiksa untuk tersangka yang sama.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk LHI," ujar Kepala Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha.

KPK telah menetapkan 4 orang sebagai tersangka dalam kasus tersebut, yaitu mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Fathanah, serta dua orang dari PT Indoguna Utama Juard Effendy dan Arya Abdi Effendy.

Kasus itu bermulai ketika KPK melakukan tangkap tangan terhadap Ahmad Fathanah dengan barang bukti uang Rp 1 miliar yang diduga untuk suap terhadap Luthfi terkait pengurusan izin impor daging sapi PT Indoguna Utama. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.