Sukses

Jokowi Undang Pemenang New York Marathon ke Jakarta

Dengan Jakarta Marathon, Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi akan menghapus citra Jakarta sebagai kota banjir di mata dunia.

Dengan Jakarta Marathon, Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi akan menghapus citra Jakarta sebagai kota banjir di mata dunia. Ibukota negara yang telah berusia 484 tahun ini dinilai memiliki banyak keindahan dan layak sebagai lokasi maraton.

Ada yang unik pada acara yang akan digelar Oktober mendatang ini, Jokowi akan mengundang pelari perempuan Ethiopia sang pemenang New York Marathon 2011 Firehiwot Dado Tufa. Karena ada pelari dunia sebagai tamu spesial, Jakarta Marathon mengundang seluruh warga dunia yang ingin turut serta sekaligus melihat keindahan Ibukota.

"Pak Jokowi sangat setuju dengan acara tersebut. Ada 15-20 negara yang diundang. Target peserta 5-10 ribu dengan 1.000 undangan," kata Wakil Menteri Parekraf Sapta Nirwandar di Balaikota, Jakarta, Rabu (13/2/2013).

"Semua boleh ikut, baik yang profesional maupun yang bukan profesional. Tapi, tentu ada persyaratan teknis. Hadiahnya kira-kira total Rp 4 miliar. Ada dari sponsor dan tentunya dukungan pemerintah," imbuhnya.

Rute maraton ini dimulai dari Pluit sampai ke GBK (Gelora Bung Karno) sepanjang 42 KM Full Marathon. Bagi yang tidak kuat, tenang saja, ada Half Marathon sejauh 10 KM

"Rute sebagai berikut, Regatta Pluit-Kawasan Kota Tua-Harmoni-Gedung Kesenian Jakarta-Passer Baru-Mesjid Istiqlal-Monas-Stasiun Gambir-Balaikota Jakarta-MH Thamrin-Bundaran HI-Sudirman-Semanggi-Tugu Api Bundaran Senayan-FX Jakarta-Gelora Bung Karno," urai dia.

Rencananya, acara ini akan menghabiskan waktu selama 8 jam, "2 jam persiapan, 4 jam lari maraton, 2 jam untuk penutupan acara."

Sebelumnya, kegiatan Marathon tersebut telah diselenggrakan di beberapa kota dunia lainnya, diantaranya New York Marathon, Berlin Marathon, Paris Marathon dan Asia baru ada Tokyo Marathon. PASI (Persatuan Atlet Seluruh Indonesia) dan ASO (Amaury Sport Organization) juga akan turut serta dalam pelaksanaan acara yang akan dimasukan dalam kategori Sport Tourism. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.