Sukses

Kota Tempat Osama Bin Laden Tewas Disulap Jadi Tujuan Wisata

Pakistan berencana membangun taman bermain senilai US$ 30 juta atau sekira Rp 290 miliar di Abbottabad.

Abbottabad yang terletak di pedalaman Pakistan tiba-tiba mendunia  1 Mei 2011. Saat itu  tentara elit Amerika Serikat, US Navy SEAL menyerbu sebuah rumah di kota itu, menewaskan buron teroris nomor wahid Amerika Serikat, Osama Bin Laden.

Kini hampir dua tahun  berlalu, Pakistan berencana membangun taman bermain senilai US$ 30 juta atau sekira Rp 290 miliar, lengkap dengan kebun binatang dan fasilitas olahraga petualangan di Abbottabad.

Tanah seluas 50 hektar di tepi Abbottabad juga akan dibangun restoran, pusat warisan budaya, dan air terjun tiruan.

Pemerintah Provinsi Khyber Pakhtunkhwa berharap, proyek yang didanai kemitraan pemerintah dan swasta, bakal menarik kunjungan turis. Namun, membantah bahwa pembangunan taman wisata untuk mengubah imej kota -- dari Abbottabad yang menjadi lokasi persembunyian dan tewasnya Osama Bin Laden menjadi kota tujuan wisata.

"Untuk tahap pertama, taman rekreasi akan dibangun seluas 50 hektar kemudian akan diperluas hingga 500 hektar," ungkap Syed Aqil Shah menteri pariwisata dan olahraga provinsi, seperti dimuat Al Arabiya (4/1/2013).

"Di sana juga akan dibangun taman budaya, kebun binatang, pusat kuliner, klub  petualangan dan paralayang, air terjun, dan jogging track."

Peletakan batu pertama akan dilakukan Februari atau Maret tahun ini. Pembangunan diperkirakan akan makan waktu delapan tahun.

Sebelum lekat dengan citra kota tempat persembunyian teroris, termasuk Osama Bin Laden, Abbottabad adalah kota yang tenang di kaki perbukitan Himalaya. Daerah berjarak 50 kilometer dari Islamabad itu adalah lokasi wisata populer bagi penduduk ibukota untuk berakhir pekan.

Abbottabad  memiliki perbukitan indah. Ia juga pintu gerbang ke Lembah Kagan, salah satu tempat wisata spektakuler Pakistan.

Di kota tersebut juga memiliki akademi militer elit Pakistan, fakta yang membuat orang bertanya-tanya, adakah keterlibatan militer negara tersebut dengan persembunyian Osama Bin Laden, otak di balik serangan 9/11 yang menggegerkan dunia. Mengapa sampai tak ketahuan?

Namun Shah bersikukuh, pembangunan taman bermain tak ada kaitannya dengan Osama. "Tak ada hubungannya dengan Osama," tukas dia. "Kami sedang berusaha mempromosikan fasilitas pariwisata dan hiburan di seluruh provinsi.  Proyek ini adalah salah satunya," kata dia.

Sementara, rumah tempat Osama ditangkap telah diratakan dengan tanah, aparat khawatir jika dibiarkan berdirim tempat itu bisa menjadi "tempat sakral" bagi pengikut Al Qaeda.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.