Sukses

Jokowi: Lelang Jabatan Bukan Seperti Lelang Barang

Lelang itu hanya istilah, intinya untuk perubahan di Pemprov DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) melakukan terobosan baru dengan melelang jabatan Lurah dan Camat. Jokowi menegaskan, lelang jabatan itu bukan seperti lelang barang.

Menurut Jokowi, lelang jabatan yang terbuka itu akan membuat kegiatan semakin transparan dan menjadikan kinerja jajaran di bawahnya semakin baik. Lelang itu pun hanya istilah, intinya untuk perubahan di Pemprov DKI Jakarta.

"Karena ini sebuah kegiatan yang terbuka mereka juga semakin terbuka jadi lebih baik. Dan kita siap semua. Saya lelang, kamu jangan bayangin lelang kayak barang. Seperti itulah kami ceritakan ini hanya masalah istilah lelangnya saja," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Senin (4/2/2013).

Jokowi mengungkapkan, lelang jabatan ini memang masih baru di Pemprov DKI, maka itu dalam pelaksanaannya akan mengundang konsultan untuk menggelar fit dan proper test.

"Nanti kita rampungkan baru kita ceritain. Karena ini sesuatu yang baru, nanti caranya seperti ini biar semuanya tahu sehingga enggak bayangin lelang semudah ini. Bisa undang konsultan kemudian untuk fit and proper test nanti undang konsultan kemudian terakhir saya sendiri dan Wagub," jelasnya.

Untuk mekanisme yang akan dilakukan bagi yang mengikuti lelang jabatan, ungkap Jokowi, salah satunya harus mengajukan business plan.

"Menyampaikan proposal, kalau dalam perusahaan menyampaikan business plan. Ini menyampaikan performance plan. Nanti kita ngeceknya yang bisa pakai costumer service indeks. Nanti juga ada survei-survei yang dilakukan, sehingga kita punya bahan kalau performanya enggak baik. Tetap menyampaikan proposal. Di manapun yang namanya pengalaman tetap harus dilihat," imbuh Jokowi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini