Sukses

Marzuki Alie: Sudah 100 Hari, Jokowi Jangan Blusukan Terus!

Marzuki menilai, Jokowi sudah melakukan yang terbaik dengan 100 hari dia turun ke lapangan.

Pada Selasa 22 Januari 2013 lalu, tepat 100 hari pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan pasangannya, Basuki Tjahaja Punama alias Ahok. Terkait itu, Ketua DPR RI Marzuki Alie memberi penilaian.

"Saya kira sebagai gubernur, Jokowi sudah melakukan yang terbaik dengan 100 hari dia turun ke lapangan," kata dia saat ditemui di gedung DPR RI sebelum mengunjungi korban banjir di Karawang, Jawa Barat, Kamis (24/1/2013).

Jokowi, dia menambahkan, memang harus tahu kondisi lapangan. Untuk menjaring informasi dan melihat secara langsung apa yang terjadi.

Namun, Marzuki Alie berpendapat, Jokowi jangan terus berkeliling lapangan. "Tapi setelah 100 hari jangan blusukan terus," kata dia.

Lalu, apa yang harus dilakukan Jokowi, Pak Ketua DPR? "Jadi harus sudah duduk di meja mendesain konsep untuk apa yang harus dikerjakan," tambah dia.

Sekali-sekali, Jokowi juga perlu turun. "Dan memang secara periodik dia juga harus turun ke lapangan," tambah Marzuki.

Sebelumnya, Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf menilai, Jokowi kurang melibatkan bawahan-bawahannya, kerap melenggang sendirian tanpa didampingi walikota.

"Pak Jokowi kerja sendiri kan kasihan, nanti Pak Jokowi sakit. Jakarta ini wilayahnya cukup besar dan Pak Jokowi punya wakil-wakil yang telah ditunjuknya," kata dia.


Di peringatan 100 hari, Jokowi-Ahok mendapatkan kado pahit: banjir besar yang merendam Jakarta. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.