Sukses

Jokowi: Jumlah Pengungsi Banjir Melonjak

Jumlah pengungsi yang ada di luar perkiraan pemerintah provinsi DKI

Gubernur DKI Joko Widodo ataui Jokowi mengakui masih banyak kekurangan dalam penanganan pengungsi dan evakuasi korban banjir Jakarta. Jumlah pengungsi yang ada di luar perkiraan pemerintah provinsi DKI

"Bahwa ada kekurangan iya, karena lonjakan pengungsi di luar kalkulasi kami. Saat dihitung kemarin memang sudah 43.000an. Padahal sebelumnya, 19.000an," kata Jokowi, Senin 21 Januari 2013.

Pemerintah provinsi DKI sudah membahas soal penanganan pengungsi banjir. Termasuk mendeteksi tempat-tempat yang masih ada keluhan dan kekurangan di berbagai sisi.

"Kemarin ada sedikit SMS, langsung saya drop bantuan. Di Grogol saya dapat SMS 'Pak kami belum dapat' drop. 'Pak di Penjaringan belum', drop," ujar Jokowi.

Saat ini, Jakarta masih berstatus Tanggap Darurat banjir. Status ini masih akan berlangsung selama dua minggu setelah ditetapkan, atau sampai dengan 27 Januari 2013.

Dalam bencana banjir lima tahunan ini dilaporkan 15 orang meninggal dunia. Kerugian bahkan mencapai ratusan miliar. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga memerintahkan untuk mencairkan dana Rp 2 triliun untuk penanganan banjir. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.