Sukses

Jokowi Perintahkan Reklame di Bantaran Kali Dicopot

Gubernur Jokowi menginstruksikan agar papan itu segera dicopot karena dikhawatirkan jatuh lalu menimpa kabel listrik rel kereta di bawahnya.

Papan reklame setinggi kurang lebih 7 meter yang berada di samping Kanal Banjir Barat (KBB), Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat, hingga saat ini masih dalam proses pelepasan. Pondasi tiang papan tersebut sejak kemarin, 17 Januari 2013, terus menerus tergerus air luapan KBB yang menyebabkan papan.

Oleh sebab itu, Gubernur Jokowi menginstruksikan agar papan itu segera dicopot karena dikhawatirkan jatuh lalu menimpa kabel listrik rel kereta di bawahnya.

"Kemarin sudah saya suruh copot. Lha itu udah dicopot," ujar Gubernur Jokowi sambil menunjuk papan reklame yang sedang dilepas, di KBB, Jumat (18/1/2013).

Ia akui tidak tahu betul bagaimana proses perizinan untuk mencopot papan reklame tersebut. Yang ia ketahui bahwa izin merupakan hak pemrov. Papan itu diketahui dimiliki Kementrian Pekerjaan Umum.

Saat disinggung tentang adanya kemungkinan papan reklame lain yang bernasib sama, Jokowi mengatakan akan mengecek di daerah lain. "Iya di tempat lain sama. Di tanggul nggak boleh. Berbahaya bergerak itu tanahnya. Di sini sudah saya perintahkan, berbahaya, copot itu semuanya," tandanya.

Pantauan terakhir, telah ada 'crane' dari Damkar yang digunakan untuk menahan kemiringan papan reklame. 3 orang petugas terlihat memotong tiang-tiang papan. Dari dua sisi papan, salah satunya telah berhasil dilepas. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.