Sukses

Kronologi Banjir di Basement Plaza UOB

Salah satu teknisi gedung, Yogi, menuturkan kronologi banjir yang menerjang basement Plaza UOB.

Banjir yang melanda Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta menyebabkan sejumlah perkantoran di kawasan itu terkepung air. Salah satunya Plaza UOB.  Basement gedung itu 'disulap' menjadi lautan air setinggi 5 meter sejak tadi pagi.

Salah satu teknisi gedung, Yogi, menuturkan banjir menerjang Basement Plaza UOB pada pukul 10.00 WIB. Saat itu, air masuk sangat deras dari lantai P1 yang mengalir turun ke lantai basement. Sontak, ia langsung menyelematkan diri berlari naik ke lantai P1.

"Pada saat kejadian, air itu udah masuk deres banget dari arah jalan masuk P1 ke lantai basement, dan air juga mengalir dari tangga darurat di P1. Terus langsung ada perintah dari orang-orang supaya keluar. Saya tadi keluar lewat tangga darurat di B1. Pas saya mau keluar, airnya sudah sedengkul. Saya langsung lari, " ujar Yogi, Kamis (17/1/2013).

Setelah terendam, lanjut Yogi, masih banyak orang-orang yang berupaya menyelematkan diri. "Saya juga sempet bantu mereka, cuma lewat eskalator di B1. Saya sama teman-teman langsung tolongin orang-orang yang masih kejebak, saya pakai tali seadanya aja untuk menolong mereka. Soalnya kan air deres banget yang masuk ke dalam basement. Ya sampai sekarang kondisinya masih kayak gini, belum surut." jelasnya.

Sementara itu, sebanyak 17 mobil hingga kini masih terendam di Basement Plaza UOB. "Saya cuma tahu di B2 itu ada 15 mobil, sementara di B3 ada 2 mobil. Kalau jumlah totalnya saya kurang tahu mas," ujar Abdul Aziz yang bekerja di tempat tersebut. (Ali)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.