Sukses

Tanggul Latuharhari Jebol, Rumah Mewah di 10 RT Terendam

"Di sini rumah mewah semua. Terendam air baru kali ini, karena lebih parah dari bencana banjir tahun 2007 lalu."

Tanggul di bantaran Kali Ciliwung, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat jebol akibat derasnya arus sungai yang disebut juga dengan Banjir Kanal Barat (BKB) itu.

Derasnya arus sungai berasal dari Pintu Air Manggarai, permukaan air di sana sudah melebihi 950 cm yang merupakan batas Siaga 1.

Menurut Wakil Walikota Jakarta Pusat, Fatahillah, setidaknya semua RT di RW06 di Kelurahan Blora, Menteng, Jakarta Pusat terendam air akibat jebolnya tanggul itu. "Ada 10 RT di RW 06, Kelurahan Blora. Semuanya terendam air," kata Fatahillah kepada Liputan6.com di lokasi tanggul jebol, Kamis (17/1/2013).

Fatahillah menjelaskan, di Kelurahan Blora ini rata-rata merupakan rumah mewah. Peristiwa ini adalah untuk pertama kalinya. "Di sini rumah mewah semua. Terendam air baru kali ini, karena lebih parah dari bencana banjir tahun 2007 lalu," ujarnya.

Menurutnya, perbaikan tanggul ini sangat bergantung dengan volume air yang mengalir. Mengingat, Pintu Air Manggarai masih membuka sehingga ketinggian air di BKB ini masih tinggi.

"Cepat tidaknya perbaikan tergantung, kalau kiriman air dari Katulampa sudah reda, dan di Manggarai ada ruang untuk air, maka pintunya ditutup. Dengan begitu permukaan air di sini turun, kita jadi bisa cepat memperbaikinya," ujar dia.(Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini