Sukses

Kampung Pulo Terendam Banjir 4 Meter

Air setinggi 4 meter kembali merendam kawasan padat penduduk ini.

Banjir masih menggenang wilayah Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara Barat, Jakarta Timur. Seperti yang terjadi hari ini. Air setinggi 4 meter kembali merendam kawasan padat penduduk ini.

"Air naik lagi. Sempat surut. Tapi naik lagi 4 meter," kata Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu kepada Liputan6.com, Kamis (17/1/2013).

Tak hanya merendam pemukiman warga, banjir yang disebabkan luapan kali Ciliwung ini juga telah meluber hingga ke ruas Jalan Jatinegara Barat. Ketinggian air di jalan ini mencapai betis orang dewasa. "Kemarin juga gitu. Air sampai ke jalan," ujar dia.

Adapun, ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan hingga kini telah melebihi 950 cm yang merupakan batas Siaga 1. Menurut petugas Pintu Air Manggarai, permukaan air di pintu ini telah mencapai 1.020 cm. "Sudah lebih dari batas Siaga 1 (950 cm)," kata petugas tersebut yang dihubungi Liputan6.com.

Dengan ketinggian air di Pintu Air Manggarai yang telah melebihi batas Siaga 1 ini, Bambang menjelaskan, ada kemungkinan banjir di wilayah Kampung Pulo akan bertahan lama. "Bisa lama ini mas banjirnya. Sudah lebih dari Siaga 1 di Pintu Air Manggarai," katanya.

Menurut Bambang, akibat banjir ini, warga yang mengungsi suda mencapai 3.000 jiwa. Mereka mengungsi di 16 titik posko pengungsian yang disediakan. "Wah itu dia, bisa bertambah pengungsinya ini," ucap Bambang.

Meski begitu, Bambang menerangkan, sampai saat ini belum ada warga maupun pengungsi yang menjadi korban atas banjir kali ini.

"Tapi ada empat balita yang harus dirawat intensif di UGD Puskesmas Kecamatan Jatinegara. Enam warga berusia rata 65 tahun (lansia) harus dirujuk untuk dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Budi Asih karena penyakit umum manula," tegas dia. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.