Sukses

Alasan Hakim Daming Sanusi Bercanda Soal Perkosaan Nikmat

Ketua Pengadilan Tinggi Palembang itu pun juga sempat disemprot putrinya karena melontarkan pernyataan itu.

Calon Hakim Agung Muhammad Daming Sanusi telah meminta maaf atas pernyataan terkait korban dan pelaku pemerkosaan sama-sama menikmati. Ketua Pengadilan Tinggi Palembang itu pun juga sempat disemprot putrinya karena melontarkan pernyataan itu.

Daming menyampaikan kenapa dia melontarkan pernyataan mengenai perkosaan nikmat saat fit and proper test di DPR kemarin. Menurutnya, pernyataan itu hanya candaan untuk menghilangkan stress.

"Sebenarnya dilihat saya punya gaya itu, saya sempat mengatakan itu. Saya hanya ingin melepaskan ketegangan, hal itu ternyata tidak disadari ternyata lepas kontrol. Oleh karena itu keluarga memprotes saya," kata Daming di Gedung MA, Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Untuk itu, lanjut Daming, dia langsung meminta maaf atas pernyataannya itu. "Saya menyampaikan permintaan maaf dari lubuk hati yang paling dalam, kepada masyarakat, kepada KPAI, kepada YLBHI dan kepada pemerhati hukum. Atas ucapan-ucapan saya yang di luar kontrol tanpa disadari. Dan saya nyatakan bahwa ucapan ini tidak pantas saya ucapkan," ujarnya.

Rencananya, Hakim Daming pun akan ke Komisi Yudisial untuk menjelaskan pernyataannya itu. Daming akan ke KY pada pukul 13.30. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.