Sukses

Jokowi: Kopaja Masuk Busway Lusa

Sebelumnya, rencana uji coba itu ada kemungkinan diundur.

Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi memastikan uji coba integrasi Kopaja ke dalam jalur bus Transjakarta atau busway akan berlangsung lusa. Sebelumnya, rencana uji coba itu ada kemungkinan diundur.

"Tanggal 15 (Januari) nanti sudah masuk," kata Jokowi usai di sela acara pelatihan senam kebugaran bersama Menteri Keuangan Agus Martowardojo di Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (13/1/2013).

Pernyataan ini berbeda dengan yang disampaikan Jokowi pada Jumat lalu. Ada kemungkinan uji coba pada Selasa nanti akan diundur karena ada persiapan yang belum matang.

Jokowi menginginkan nantinya uji coba Kopaja yang masuk jalur bus Transjakarta itu tidak hanya dilakukan di satu tempat, tapi di dua tempat sekaligus.

Tujuan memasukkan Kopaja ke busway ini, kata Jokowi, agar calon penumpang tidak terlalu lama menunggu bus di shelter. "Supaya busway produktif karena kami sudah tambahkan bus 102 unit. Kopaja bisa masuk  nanti headway dari bus ke bus dekat sekali," kata Jokowi.

Karena saat ini, para penumpang harus menunggu sampai 1 jam untuk menunggu bus Transjakarta berikutnya. "Jadi itu pelayanan yang mau diberikan. Tidak seperti sekarang menunggu setengah sampai satu jam. Saya sudah mencoba beberapa kali kok," kata dia.

Bus Kopaja yang masuk jalur bus transjakarta dilengkapi dengan AC, Wifi dan GPS. Bus kopaja itu memiliki spesifikasi mirip bus transjakarta, seperti lantai yang tinggi dan pintu di sebelah kanan. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini