Sukses

Jelang Piala Dunia 2014, PSK Brasil Kursus Bahasa Inggris

Para PSK di Kota Belo Horizonte antre untuk mendapat kesempatan belajar di kelas Bahasa Inggris gratis.

Tak hanya sopir taksi dan bell boy hotel yang 'kembali ke sekolah' untuk belajar Bahasa Inggris jelang penyelenggaraan Piala Dunia 2014 yang akan digelar di sejumlah kota di Brasil. Tapi juga para pekerja seks komersial (PSK).

Seperti dimuat CNN, Rabu (9/1/2013), di Kota Belo Horizonte para PSK antre untuk mendapat kesempatan belajar di kelas Bahasa Inggris gratis yang diselenggarakan Asosiasi Prostitusi setempat, yang dimulai Maret depan.

"Di seantero Brasil, banyak pebisnis di sektor swasta menyiapkan diri, termasuk mempersiapkan para pekerjanya untuk menghadapi Piala Dunia. Yah.. termasuk para PSK," kata Cida Vieira, Ketua Asosiasi Prostitusi.

Di Brazil, prostitusi adalah legal. Meski demikian, eksploitasi seksual dan para mucikari dianggap melanggar hukum.

"Bahasa Inggris akan sangat penting untuk berkomunikasi dengan klien selama Piala Dunia," kata Vieira. "Dalam kursus mereka akan belajar sejumlah kata dan kalimat yang diperlukan dalam transaksi. Juga menggunakan kosakata khusus yang sensual dan menggoda."

Vieira mengatakan, sejauh ini 20 PSK telah menyatakan diri untuk berpartisipasi. Ada 300 kursi kursus yang disediakan. Kursus akan memakan waktu enam bulan sampai delapan bulan.

Asosiasi berperan menghubungi sejumlah guru dan mereka yang terlatih berbahasa Inggris,  agar mereka mau mengajar tanpa biaya alias gratis. Pendekatan yang sama juga dilakukan pada para dokter dan pekerja layanan kesehatan.

Belo Horizonte akan menjadi tuan rumah sejumlah pertandingan sepak bola, tak hanya Piala Dunia 2014, tapi juga Piala Konfederasi yang digelar pada Juni 2013.(Ein)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.