Sukses

FOTO: Pembongkaran Tucuxi Dahlan Iskan

Danet menduga itu menjadi salah satu sebagai penyebab rem mobil Tucuxi blong dan mengalami kecelakaan.

Danet Suryatama, pembuat mobil listrik Tucuxi milik Dahlan Iskan memiliki foto-foto saat mobil seharga Rp 1,5 miliar itu dibongkar di bengkel Kupu-kupu Malam, Yogyakarta. Di bengkel itu, kata Danet, ada penggantian electric vacuum pump dengan alat lain. Danet menduga itu menjadi salah satu sebagai penyebab rem mobil Tucuxi blong dan mengalami kecelakaan.

"Kami mendengar penyebab kecelakaan adalah rem blong. Kami tidak berada di tempat kejadian akan tetapi dari observasi foto-foto sebelum dan setelah pembongkaran, kami menduga penggantian electric vacuum pump (untuk memperoleh tenaga penghisap bagi rem booster) dengan peralatan lain sebagai penyebab kecelakaan," jelas Danet dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com di Jakarta,  kemarin.

Danet menambahkan electric vacuum pump ini sangat penting bagi mobil elektrik untuk menghasilkan daya rem untuk kendaraan secara handal. Alat ini apabila diganti dengan produk lain yang tidak reliable akan mengakibatkan kehilangan daya rem.

Dosen UGM Jayan Sentanuhady dan Eka Firmansyah dalam pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Minggu (6/1/2013), menyatakan ketidakterlibatannya, baik pada proses desain, manufaktur, hingga penyempurnaan mobil Tucuxi. Dahlan juga tidak pernah meminta bantuan mereka, baik dalam proses perbaikan maupun penyempurnaan yang dilakukan di bengkel pengerjaannya di Kupu-kupu Malam, Jalan Kabupaten Sleman.

Berikut foto-foto pembongkaran Tucuxi:

1. Electric vacuum pump dari Tucuxi sebelum perubahan (dalam lingkaran merah)



2. Electric vacuum pump dari Tucuxi setelah perubahan (dalam lingkaran merah)



3. Saat pembongkaran Tucuxi



4. Saat pembongkaran Tucuxi



5. Saat pembongkaran Tucuxi



6. Saat pembongkaran Tucuxi




(Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini