Sukses

Polri: Teroris Poso Terus Lebarkan Sayap

Mabes Polri memastikan jaringan teroris Poso telah melebarkan target aksinya ke tempat-tempat lain, seperti Solo, Bima, Makassar, dan Jakarta.

Mabes Polri memastikan jaringan teroris Poso telah melebarkan target aksinya ke tempat-tempat lain. Hal ini terlihat dari pelaku teroris Poso yang menebar teror ke berbagai daerah seperti Solo, Makassar, Bima, Tana Toraja, maupun Jakarta.

"Ada semacam perluasan target dari Poso, Makassar, NTB. Jadi saya melihat hasil pemantauan teman-teman tentang pergerakan arah mereka," kata Karo Penmas Polri Brigjen Boy Rafli Amar di Jakarta, Minggu (6/1/2013).

Menurut Boy, para terduga teroris tersebut merupakan alumni dari berbagai pelatihan paramiliter yang pernah digelar di wilayah Poso atau Palu, Sulawesi Tengah. Mabes Polri mengindikasikan para terduga teroris tersebut juga pemain lama yang telah banyak merekrut orang baru untuk menebar teror.

"Terindikasi sudah beberapa tahun terakhir, tidak baru sekali. Di antara mereka ada yang menjadi DPO (daftar pencarian orang) kita bertahun-tahun. Kini mereka sudah merekrut pengikut baru," jelasnya.

Boy menambahkan, tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri kini masih memburu beberapa terduga teroris yang ditengarai berada di balik banyak aksi teror di Poso maupun daerah lain. Salah satunya yang juga diburu yakni buronan teroris Santoso.

"Ada beberapa yang masih DPO kita di samping Santoso, di Sulsel dan NTB. Kita masih tentukan target dalam penyelidikan, kita berupaya se-proaktif mungkin," imbuh Boy.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.