Sukses

Jalan Pahlawan, Wisata Baru Kota Semarang

Jalan Pahlawan tampaknya menjadi tempat favorit bagi warga Semarang untuk menikmati akhir pekan. Bagaimana tidak, hampir setiap Sabtu malam di sepanjang ruas jalan ini selalu penuh dibanjiri warga, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Citizen6, Semarang: Jalan Pahlawan tampaknya menjadi tempat favorit bagi warga Semarang untuk menikmati akhir pekan. Bagaimana tidak, hampir setiap Sabtu malam di sepanjang ruas jalan ini selalu penuh dibanjiri warga, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Tak heran, jalanan padat merayap dipenuhi kendaraan jika akhir pekan tiba. Selain karena letaknya yang dekat dengan Simpang Lima, Jalan Pahlawan ramai karena menjadi pusat perkantoran pemerintah. Hampir seluruh kantor penting seperti kantor gubernur dan DPRD Jawa Tengah, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Perum Perhutani, BPS Jateng, hingga Polda Jateng berlokasi di jalan yang biasa disebut sebagai daerah 'gubernuran' ini.

Pada hari-hari biasa, Jalan Pahlawan mulai ramai sekitar pukul 18.00 Wib, aneka kedai makanan dan minuman seketika membuat Jalan Pahlawan menjadi salah satu kunjugan wisata baru pada malam hari. Lain halnya dengan akhir pekan, sekitar pukul 16.00 Wib biasanya muda-mudi atau keluarga akan memadati sudut jalan ini. Beragam kegiatan dapat lakukan disini, dari membeli serba-serbi makanan khas Semarang, bermain in line skate, menyaksikan berbagai komunitas berunjuk gigi. Kebanyakan masayarakat hanya duduk santai menikmati suasana yang semakin malam akan semakin ramai.

Diantara pengunjung yang ramai, akhir pekan biasanya juga dimanfaatkan para mahasiswa untuk menggalang dana di kawasan ini, mulai dari mengamen, menjajakan makanan, hingga ngawul ataun berjualan baju bekas dilakukan. Keuntungan yang mereka dapat biasanya digunakan untuk bakti sosial
atau mendukung kegiatan kampus. Mengenai harga, tidak perlu khawatir karena semua yang dijual disini tidak akan membuat kantong Anda kempes.

Anda tidak hanya bisa menikmati Jalan Pahlawan dimalam atau sore hari. Karena setiap Minggu ketika Jalan Pahlawan diberlakukan Car Free Day mulai pukul 05.00-09.00 Wib, masyarakat dapat lebih leluasa lagi menikmatinya. Jalanan lurus dan lebar ini pun berubah menjadi area bermain keluarga dan dipenuhi oleh komunitas sepeda onthel. Nah, Anda punya niat untuk berkunjung ke Semarang? Jangan lupa untuk menikmati akhir pekan di Jalan Pahlawan. (Luhung Nalarwangi/YSH)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.