Sukses

60 Ribu Orang Tewas Sia-sia Akibat Konflik Suriah

Tak tanggung-tanggung, sudah ada 60 ribu orang tewas dalam perang saudara yang bergejolak sejak Maret 2011 tersebut.

Konflik berkepanjangan antara militer pemerintah dan pasukan pemberontak di Suriah telah menewaskan banyak korban jiwa. Tak tanggung-tanggung, sudah ada 60 ribu orang tewas dalam perang saudara yang bergejolak sejak Maret 2011 tersebut.

Komisioner Badan Hak Asasi Manusia PBB Navi Pillay menyatakan, berdasarkan hasil pengamatan selama 5 bulan, terhitung 59.648 orang tewas di Suriah dari tanggal 15 Maret 2011 sampai 30 November 2012.

"Jumlah korban tewas lebih banyak dari yang kita perkirakan. Ini sangat mengejutkan," kata Pillay, seperti dilansir Arab News, Kamis (3/1/2013).

Dengan demikian, lanjut Pillay, total korban tewas hingga sekarang telah mencapai 60 ribu. Sebab bentrokan dan serangan masih bergulir.

Serangan terbaru terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Damaskus. SPBU yang berisi ratusan kilo liter bensin meledak seketika akibat serangan pesawat tempur militer pemerintah.

Tak mau kalah, pasukan oposisi juga menyerang bandar udara militer Afis milik pemerintah di Taftanaz. Serangan oposisi ini dilancarkan untuk membalas serangan-serangan pemerintah di markas mereka.

Belum ada tanda-tanda perdamaian antar pemerintah di bawah kendali Presiden Bashar al-Assad dan oposisi. Assad masih bersikeras untuk mempertahankan takhta pemerintahannya, sedangkan pasukan pemberontak terus mendesak Assad untuk mundur. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini