Sukses

Yuk! Wisata ke Dieng, Tempat Dewa-Dewi Bersemayam

Yuk wisata ke Dieng! Dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah pada ketinggian sekitar 2000 mdpl ini merupakan referensi tempat wisata yang wajib dikunjungi, terlebih saat liburan tiba.

Citizen6, Semarang: Yuk wisata ke Dieng! Dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah pada ketinggian sekitar 2000 mdpl ini merupakan referensi tempat wisata yang wajib dikunjungi, terlebih saat liburan tiba. Daerah ini terletak di barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing atau tepatnya di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Karena ketinggiannya, suhu pada siang hari berkisar antara 15-20 derajat Celcius, sedangkan pada malam hari, suhu berkisar 5-10 derajat Celcius. Jika dataran tinggi ini dikunjungi pada musim hujan, suhu udara bisa mencapai 0 derajat Celcius, bahkan lebih rendah pada dini hari. Keesokan paginya bahkan kita dapat melihat salju atau embun beku yang menutupi rerumputan. Anda tertarik?

Berasal dari bahasa kawi yaitu "di" yang berarti "tempat" atau "gunung" dan "hyang" yang berarti "dewa", Dieng berarti pegunungan tempat dewa dan dewi bersemayam. Kita dapat menemui banyak candi sebagai wisata religius, seperti Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, dan Candi Dwarawati.

Selain wisata religius, wisata alamnya pun beragam. Mulai dari danau, kawah, hingga gua. Di dataran tinggi ini banyak pula ditemukan danau vulkanik, seperti Telaga Warna, Telaga Cebong, Telaga Merdada, Telaga Pengilon, Telaga Dringo, dan Telaga Nila.

Khusus untuk Telaga Warna, memang memiliki keunikan tersendiri. Bisa dilihat dari corak warnanya yang beragam seperti hijau, biru, dan putih. Banyak kalangan anak muda yang menjadikan telaga ini sebagai spot hunting foto karena keindahannya. Kita juga bisa menemui gua-gua seperti Gua Jaran, Gua Sumur, dan Gua semar. Jika ingin mengunjungi kawah, kita bisa menuju ke Kawah Sikidang, Sileri, Sinila, dan Kawah Candradimuka.

Religius? Ada. Alam? Juga ada. Tapi masih ada satu lagi julukan dari dataran tinggi ini, yakni sebagai wisata budaya. Salah satunya upacara pemotongan rambut gimbal anak dieng dan tari tengger, namun tidak setiap saat digelar. Meskipun begitu para pengunjung tidak perlu kecewa karena ada Dieng Plateau Theatre (DPT). Ada sajian tayangan keindahan alam dan budaya dataran tinggi Dieng.

Tak puas sehari menikmati Dieng? Tidak perlu repot mencari penginapan, karena banyak masyarakat yang
menyewakan kamarnya untuk bermalam. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Tiket masuk wisata juga tergolong murah, dari Rp 4 ribu hingga Rp 10 ribu. Jadi tunggu apalagi? Yuk beramai-ramai kita kunjungi dataran tinggi Dieng! (Radhityo Ryandhika)






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini